Yahoo! Diakses Oleh Lebih Dari 800 Juta Pengguna

Data Yahoo! menunjukkan lebih dari 800 juta penggunanya di seluruh dunia mengakses Yahoo! lewat komputer per bulan pada 2013. Angka tersebut dicapai menyusul adanya pertumbuhan sebanyak 20 persen dalam 15 bulan. “Secara umum, pageview lebih besar di komputer karena orang senang mengakses situs di layar yang lebih besar,” ujar Country Editor and Head of Audience Yahoo! Indonesia, Dodi Ibnu Rusydi, di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2014.

Menurut dia, perangkat yang dipilih untuk mengakses Yahoo! tergantung pada kebiasaan penggunanya. Faktor lain adalah tipe konten yang dipilih. Misalnya, konten hiburan dianggap lebih nyaman diakses lewat perangkat bergerak. Dodi mengatakan konten yang paling disukai pengunjung Yahoo! Indonesia sepanjang 2013 adalah berita, hiburan, dan current affair. Dalam menyediakan konten informasi, Yahoo! Indonesia menggandeng sekitar 30 mitra. “Sebisa mungkin kami menghadirkan konten dari semua kategori,” ujarnya.

Adapun jumlah pengguna yang mengakses Yahoo! lewat perangkat bergerak di seluruh dunia mencapai 400 juta per bulan pada 2013. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ponsel pintar dan sabak digital secara global. Meningkatnya jumlah kunjungan ke situs Yahoo! ditunjang oleh beragam pengembangan. Salah satu yang baru mereka hadirkan yaitu penyegaran pada homepage atau laman utamanya. Lewat penampilan barunya, Yahoo! membebaskan pengguna untuk mengatur konten sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Dodi mengatakan tampilan yang personal membuat pengguna Yahoo! merasa seperti memasuki rumah sendiri. Unsur personal dinilai memenuhi kebutuhan sosial pengguna, yakni mengatur laman akun berita sesuai dengan selera pribadinya. Yahoo! Indonesia memperbarui homepage atau laman utamanya dengan format yang lebih personal. Melalui penampilan baru Yahoo!, Anda bisa mengatur konten berita sesuai selera dan kebutuhan. Tampilan baru ini sudah bisa dinikmati mulai Senin, 23 Februari 2014.

“Kami ingin menyegarkan pengalaman pengguna agar lebih menghibur,” ujar Country Editor and Head of Audience Yahoo! Indonesia, Dodi Ibnu Rusydi, di Jakarta, Kamis, 27 Februari 2014.

Dodi mengatakan tampilan yang personal membuat pengguna Yahoo! merasa seperti memasuki rumahnya sendiri. Unsur personal dinilai memenuhi kebutuhan sosial pengguna, yakni mengatur laman akun berita sesuai dengan selera pribadinya. Adapun dalam soal konten iklan, Yahoo! memastikan tidak menghadirkan iklan dalam bentuk pop-up yang muncul sewaktu-waktu. “Kami tidak akan menghadirkan iklan yang mengganggu pengguna Yahoo!,” ujar Dodi.

Untuk bisa mengatur laman utama agar sesuai dengan keinginan, Anda harus log in terlebih dahulu lewat akun Yahoo! Mail. Anda cukup mengarahkan kursor tetikus ke bagian pojok kanan atas berita yang muncul di laman utama. Jika Anda tidak ingin melihat berita yang muncul, cukup klik pilihan “Hapus”. Berita yang dihapus dapat ditampilkan kembali dengan memilih tulisan “Tidak Jadi”.

Ada juga pilihan untuk menyimpan berita. Caranya, dengan mengeklik tanda “Y”. Cara ini digunakan jika sewaktu-waktu Anda ingin membacanya kembali. Secara otomatis, berita akan tersimpan di tempat penyimpanan pribadi. Yahoo! juga memudahkan Anda untuk mengetahui berita mana saja yang sudah dibaca. Judul berita yang sudah dibaca akan muncul dengan warna yang berbeda dengan berita yang belum dibaca.

Hadirnya tampilan baru ini diharapkan memacu tingkat pertumbuhan pengguna Yahoo! dan total page view atau kunjungan ke situsnya di Indonesia. Namun Dodi enggan menyebutkan berapa target yang diharapkan. Tampilan baru Yahoo! sudah lebih dulu meluncur di negara asalnya, Amerika Serikat, yakni sejak awal Februari 2013. Dodi mengatakan jeda waktu yang cukup lama dengan peluncurannya di Indonesia disebabkan oleh keinginan perusahaan itu untuk melihat sejauh mana tanggapan pengguna Yahoo! terhadap laman utama barunya. “Sebab, Amerika Serikat merupakan pasar terbesar bagi Yahoo!.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s