Google Luncurkan Nexus 6

Google menyatakan kesiapannya dalam meluncurkan ponsel pintar Nexus 6 pada tahun ini. Senior Vice President Google yang membidangi Android, Sundar Pichai, mengungkapkan hal tersebut dalam Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol.

Meski tidak meluncurkan produk baru di Barcelona, Google mengumumkan kerja sama dengan Samsung. Pichai mengatakan Nexus 6 akan menggunakan sistem operasi Android. Artinya, sebagai platform besutan Samsung, Tizen harus menunggu lebih lama untuk bisa menjalankan Nexus.

“Saya pastikan ini tidak akan meluncur pada paruh pertama tahun ini,” ujar Pichai seperti dilansir situs Digital Trends, Jumat, 28 Februari 2014.

Pilihan Google untuk meluncurkan Nexus pada paruh kedua tahun ini rupanya mengikuti tradisi sebelumnya. Google meluncurkan Nexus 4 pada akhir 2012 dan Nexus 5 pada akhir 2013. Meski mengumumkan kerja sama dengan Samsung, Pichai tidak merinci siapa yang akan memproduksi Nexus 6.

Selain membahas kolaborasi antara Google dan Samsung, Pichai juga menyinggung akuisisi WhatsApp oleh Facebook. Dia mengakui adanya negosiasi antara perusahaannya dengan WhatsApp, namun tidak berlangsung formal.

“Google tidak pernah menawar WhatsApp,” kata Pichai. Dia juga membantah adanya kabar yang menyebutkan Google sempat menawar WhatsApp senilai US$ 10 miliar atau sekitar Rp 116 triliun.

Selanjutnya, dia menjawab sejumlah pertanyaan wartawan mengenai Nokia yang baru saja meluncurkan tiga ponsel berbasis Android. “Ini bukti kami tidak berbohong ketika mengatakan Android merupakan sistem operasi terbuka,” ujarnya.

Seperti diketahui, di Barcelona, perusahaan asal Finlandia itu memperkenalkan Nokia X, X+, dan XL yang dibekali Android. Ini merupakan hal yang unik mengingat Nokia sebelumnya setia dengan sistem operasi Windows Phone.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s