OS Sailfish Bisa Didownload Di Android

Pengembang smartphone dan sistem operasi Sailfish, Jolla, mengumumkan ketersediaan Sailfish versi 1.0 yang siap didistribusikan ke seluruh dunia. Jolla juga mengumumkan ketersediaan pengalaman OS Sailfish sebagai perangkat lunak yang bisa diunduh untuk perangkat yang menjalankan OS Android, kata Jolla dalam blog resminya Jumat (Sabtu pagi WIB).

Ponsel pertama Jolla telah dipasarkan via operator di Finlandia November tahun lalu. Setelah ketersediaan terbatas smartphone Jolla dengan Sailfish OS beta, Jolla telah merilis tiga pembaruan signifikan pada software-nya. Pembaruan keempat, kata Jolla, akan dirilis pada Maret, setelah perangkat lunak itu akan siap dikomersialisasikan ke seluruh dunia.

“Kami sangat senang untuk mengumumkan ini. …..Kami percaya bahwa Jolla sekarang menawarkan pilihan yang benar-benar layak untuk semua pengguna smartphone. Tentu kami tidak berhenti di sini….,” kata co-founder dan COO Jolla, Marc Dillon. Jolla mengklaim OS berbasis-gesture itu menawarkan navigasi dan multitasking mudah, memberi pengguna kendali penuh ke kehidupan digital mereka. OS tersebut mendukung baik untuk aplikasi Sailfish maupun Android.

“Pelanggan sekarang bisa meng-install aplikasi Android yang disukai, dan memilih ratusan dari ribuan aplikasi Android yang tersedia. Dan, komunitas OS Sailfish aktif dan bergairah siap mengembangkan aplikasi-aplikasi media sosial utama, termasuk Facebook, Twitter, Whatsapp, dan Foursqure, asli untuk OS Sailfish,” kata Dillon.

Sekarang smartphone Jolla tersedia untuk dipesan online melalui shop.jolla.com pada harga 399 euro untuk konsumen di semua negara Uni Eropa, Swiss, dan Norwegia, selain di Finlandia sendiri. Jolla mengaku sedang bernegoisasi dengan mitra-mitra di sejumlah negera, termasuk Rusia, India, dan Hong Kong dimana Jolla akan membuka penjualan online dalam waktu dekat.

Sebuah perusahaan baru di Finlandia, Jolla, meluncurkan smartphone pertamanya yang menjalankan satu platform baru, sistem operasi Sailfish, menurut BBC dalam laporannya belum lama ini.Sailfish merupakan sistem operasi mengembangan dari MeeGo, platform yang dikembangkan Nokia, namun ditinggalkan sejak perusahaan itu mengadopsi sistem Windows Phone.Jolla dalam laman resminya menyebutkan bahwa Sailfish merupakan sistem operasi mobile terbuka yang juga bisa menjalankan banyak aplikasi Android.

Pada 13 November lalu, Jolla mengeluarkan rilis pers dan mengatakan OS Sailfish telah terintegrasi dengan aplikasi peta Nokia HERE selain ribuan aplikasi Android yang disediakan oleh Yandex Store, sebuah toko aplikasi untuk Android.Smartphone Jolla pertama menggunakan desain asli Finlandia, dengan tanpa tombol di bagian depan. Ponsel berlayar 4,5 inci IPS qHD Gorilla 2 Glass itu dilengkapi kamera 8MP pada bagian belakang dan 2MP kamera depan.

Kinerjanya ditunjang dengan 16GB RAM, 16GB kapasitas penyimpanan, dan baterai dengan daya cukup untuk 9 – 10 jam waktu bicara. Ponsel itu memiliki dimensi tinggi 131mm, lebar 68mm, ketebalan 9,9mm, dan berat hanya 141 gram. Jolla didirikan pada 2011 dan berkantor pusat di Finlandia. Laporan menyebut Jolla didirikan oleh para mantan pegawai Nokia.

Produsen piranti lunak Jolla mulai menjual ponsel pintar bersistem operasi Sailfish dengan layar 4,5 inci. Sekilas, tampilan ponsel pintar Jolla seakan terbagi dua bagian yaitu sisi depan hitam dan sisi penutup belakang yang dapat diganti warnanya. Salah satu pencipta Jolla (diucapkan Yol-la), Marc Dillon seperti dikutip Engadget, menyebut bagian depan berisi komponen prosesor dual-core, layar sentuh, dan kamera depan.

Di bagian belakang ponsel atau disebut other half terdapat kamera delapan inci dan penutup berwarna yang akan menyesuaikan dengan warna pengguna antar-muka (user interface). “Bagian lain ini adalah semua tentang jenis konten media dan fitur ponsel,” kata Dillon tentang ponsel seharga 399 euro itu (sekitar Rp5 juta).

Mantan pegawai Nokia itu mengatakan tidak ada tombol fisik lain di ponsel asal Finlandia itu selain tombol utama (power key) dan tombol pengatur suara (volume keys). Ponsel yang akan didistribusikan mulai akhir 2013 dan hanya dijual melalui saluran dalam jaringan (online) itu juga mendukung jaringan 4G dan aplikasi-aplikasi yang beroperasi di Android.

Seorang pendiri lain Jolla, Antti Saarnio seperti dikutip BBC, mengharapkan Nokia akan menggunakan sistem operasi Sailfish untuk perangkat-perangkat terbaru mereka. “Kami sebenarnya cukup terbuka. Kami menawarkan sistem operasi ini untuk digunakan produsen ponsel pintar lain,” kata Saarnio yang pernah mengembangkan sistem operasi MeeGo di Nokia N9-00 itu.

Pembuat sistem operasi ponsel pintar, Jolla, merilis software development kit yang memungkinkan pengembang berbasis Linux, Mac, maupun Windows 32 bit dan 64 bit membuat aplikasi-aplikasi untuk OS Sailfish. Jolla, dalam situs resmi Sailfish, menjelaskan sistem operasi Sailfish itu dioptimalkan untuk ponsel karena punya fleksibilitas, ada di mana-mana, dan stabil dari intisari Linux. “Kami percaya ada kebutuhan akan sistem operasi perangkat mobile yang modern dan independen sehingga menciptakan kompetisi dan inovasi terbuka, tanpa kontrol utama dari satu pemain. OS Sailfish diciptakan untuk menjadi alternatif (sistem operasi) yang nyata,” sebut Tim Jolla tentang Sailfish.

Jolla, perusahaan industri piranti lunak dari Finlandia yang pernah mengembangkan sistem operasi MeeGo untuk Nokia, telah mengenalkan sistem operasi Sailfish pada ajang Mobile World Congress lalu. Strategi Jolla terkait Sailfish, seperti disebut TechCrunch, meliputi pemberian lisensi sistem operasi itu untuk para produsen perangkat mobile dan menciptakan kekhususan varian piranti lunak untuk pengembang ketiga.

Namun, Jolla juga berencana memproduksi ponsel dengan merek sendiri yang menggunakan OS Sailfish. Jolla juga menginginkan aplikasi-aplikasi dasarnya berasal dari kombinasi sistem operasi Android, Qt, dan HTML5 untuk membangun ekosistem piranti lunak yang sepenuhnya matang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s