Zynga Kembali Pecat Ratusan Karyawannya

Zynga melakukan langkah penuh kejutan. Perusahaan game sosial itu mengumumkan laporan keuangan kuartal IV dan akhir tahun pada Kamis, 30 Januari 2014, seminggu lebih cepat dari jadwal. Namun laporan itu dibayangi oleh akuisisi dan rencana pemberhentian karyawan.

Pemberhentian itu, yang akan mencakup lebih dari 300 karyawan (15 persen dari karyawan perusahaan), terjadi hanya tujuh bulan setelah Zynga tiba-tiba memberhentikan lebih dari 500 karyawan pada Juni lalu.

Perusahaan itu menutup tiga kantor pada saat yang sama, dan pemberhentian karyawan itu akan menyelamatkan perusahaan “US$ 33 juta sampai US$ 35 juta dalam penghematan sebelum pajak untuk 2014,” menurut rilis pendapatan perusahaan itu sebagaimana dikutip Mashable, Jumat, 31 Januari 2014.

Pengumuman akuisisi itu adalah kabar cerah bagi perusahaan berbasis di San Francisco itu, yang bertujuan untuk terus mendorong ke mobile gaming. Zynga mengumumkan akuisisi pengembang game mobile NaturalMotion senilai US$ 527 juta, termasuk hampir 40 juta saham Zynga.

NaturalMotion yang didirikan pada tahun 2001, memiliki sekitar 260 karyawan di seluruh dunia. Perusahaan itu menciptakan permainan seperti Clumsy Ninja dan racing game CSR Classics.

“Kami percaya bahwa membawa Zynga dan NaturalMotion bersama merupakan langkah yang tepat pada waktu yang tepat,” ujar CEO Zynga Don Mattrick dalam sebuah pernyataan dari rilis pendapatan perusahaan.

“Akuisisi NaturalMotion akan memungkinkan kami secara signifikan memperluas saluran kreatif kami, mempercepat pertumbuhan mobile kami dan membawa teknologi dan alat generasi berikutnya untuk Zynga yang kami percaya akan cepat melacak kemampuan kami untuk memberikan lebih banyak game hit.”

Kejutan lain pada hari Kamis adalah laporan keuangan Zynga, yang berhasil mengalahkan perkiraan Wall Street meskipun turun cukup dalam dari kuartal yang sama tahun lalu. Zynga membukukan pendapatan sebesar US$ 176 juta pada Q4 , turun dari US$ 311 juta pada Q4 2012. Untuk tahun ini, pendapatan Zynga adalah US$ 873 juta, turun dari US$ 1,28 miliar pada tahun 2012 .

Mungkin yang paling mengkhawatirkan adalah basis pengguna Zynga yang kian terkikis. Perusahaan ini mengumumkan 27 juta pengguna aktif harian di Q4, turun 12 persen dari angka di Q3, dan kurang dari setengah jumlah di kuartal yang sama tahun lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s