Sosial Media Jadi Tempat Serangan Virus

Data penyedia solusi keamanan digital McAfee menyatakan sebagian besar serangan terhadap Internet pada tahun ini berasal dari media sosial. “Banyaknya akun palsu di Twitter atau media sosial patut diwaspadai,” ujar Sales Director PT Kharisma Inside Mandiri Sejahtera sebagai distributor McAfee di Indonesia, Winston Lim, di Jakarta, Senin, 20 Januari 2014.

Sebagian besar akun palsu mencuri data pengguna melalui spam yang dikirim lewat surat elektronik. “Awalnya, pengguna diminta mengkonfirmasi tanggal lahir, password, kemudian data lainnya,” ucap Winston. Kehadiran spam tersebut kerap tidak disadari oleh pengguna Internet sebagai ancaman. “Ibaratnya lebih baik mengisi tanggal lahir palsu agar data tidak dicuri.”

Serangan virus dan malware pada tahun ini tercatat meningkat. Winston memprediksi peningkatan jumlah serangan virus dan malware di Indonesia naik 60 persen tahun ini. Dia tak merinci jumlah serangan virus dan malware pada tahun lalu. Namun, kata dia, peningkatan angka serangan ini disebabkan oleh minimnya kesadaran pengguna Internet terhadap sistem keamanan. “Hanya 15 persen pengguna Internet di Indonesia yang melindungi komputernya,” kata Winston.

Wiston memprediksi jumlah pengguna perangkat bergerak yang dilengkapi peranti lunak pengaman hanya 1 persen. Data tersebut dihimpun dari data retail penjualan produk paket keamanan sepanjang 2013. (Baca: McAfee Keluarkan Peranti Antivirus Baru)

Dalam mengatasi peningkatan ancaman di dunia maya, McAfee menawarkan peranti lunak terbarunya yang bernama Internet Security 2014. Ini merupakan produk pertama yang dijual melalui retail di Indonesia sejak McAfee diakuisisi oleh Intel pada 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s