Demi Hindari Laba Bisnis Berkurang … Intel Pecat 5000 Karyawan

Sebagai salah satu produsen PC dan chip komputer terbesar di dunia, Intel ternyata memutuskan untuk memecat 5 persen karyawannya atau sekitar 5.000 orang. Situs Reuters menuliskan, langkah ini dilakukan oleh perusahaan karena penjualan PC, divisi terpenting mereka, yang menurun.

“Ini adalah bagian dari penyeimbangan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan bisnis,” kata juru bicara Intel, Chris Kraeuter. Pengumuman itu disebarkan sebelum Intel merilis laporan keuangan mereka. Berdasarkan laporan, keuntungan Intel menurun hingga 13 persen. Namun, perusahaan mengatakan sebenarnya ada tanda-tanda penjualan PC yang mulai stabil.

Intel hanya mampu meraih laba pemasukan USD$ 9,6 miliar dari angka penjualan USD$ 52,7 miliar akhir 2013 lalu. Jika dibandingkan dengan laba yang diperoleh pada tahun 2012, angkanya memang turun. Dua tahun lalu Intel mampu mencetak laba USD$ 11 miliar dari pendapatan USD$ 53,3 miliar.

Beberapa analis memperkirakan penjualan PC yang menurun ini akibat dari peralihan tren saat ini. Pengguna lebih memilih menggunakan laptop atau tablet untuk kegunaan yang sama. Akibatnya, pembuat chip seperti Intel akan mencoba untuk meningkatkan pertumbuhan dari divisi lain, seperti kinerja bisnis pada data center.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s