Google Bentuk Open Automative Untuk Kembangkan Android Pada Mobil

Google menggandeng pabrikan otomotif dan cip membentuk aliansi Open Automative, Senin, 6 Januari 2014. Pabrikan otomotif yang bergabung adalah General Motors, Honda, Audi, Hyundai, dan produsen cip NVidia. Aliansi ini memiliki misi utama mendorong inovasi dan membuat teknologi sistem Android ke dalam mobil yang lebih aman dan lebih intuitif bagi semua orang. Bahkan, mereka telah berkoordinasi dengan National Highways Traffic Safety Administration (NHTSA), lembaga negara yang mengurus keselamatan berkendara.

Dalam laman resmi mereka, aliansi menyebut dirinya sebagai aliansi global teknologi dan industri otomotif yang berkomitmen membawa platform Android untuk mobil mulai 2014. “Mobil sering jadi andalan dalam hidup sehari-hari. Sama seperti ponsel. Namun hubungan keduanya saat ini sering tak lancar,” tulis mereka. Maka, aliansi ini berbagi visi untuk menghubungkan mobil dan bekerja sama untuk membawa visi ini menjadi kenyataan.

Presiden General Motors Global Consumer Connected, Mary Chan, melihat peluang yang sangat besar untuk platform Android dipasangkan dengan konektivitas 4G LTE OnStar kelak pada mobil Chevrolet, Buick, GMC, dan Cadillac. “Kami mempercepat inovasi di dalam mobil dengan pendekatan yang menawarkan keterbukaan dan kustomisasi,” kata Ricky Hudi, Head of Electrics/Electronics Development di AUDI AG.

Sundar Pichai, Senior Vice President dari Android Chrome & Apps di Google, menyebutkan perluasan platform Android ke dunia otomotif akan memungkinkan mitra industri untuk lebih mudah mengintegrasikan teknologi mobile ke dalam mobil dan menawarkan pengalaman baru sehingga mereka dapat fokus pada jalanan.

Model pengembangan terbuka akan memungkinkan mobil untuk lebih mudah membawa teknologi mutakhir bagi pengemudi dan menciptakan peluang baru bagi pengembang untuk memberikan pengalaman baru dalam menggunakan mobil.

Pembentukan aliansi ini mengingatkan awal-awal Google menggandeng pabrikan ponsel untuk mengadopsi sistem operasi Android mereka. Pada November 2007, Google bersama 84 pabrikan ponsel dan produk IT membentuk Open Handset Alliance sebagai cikal bakal Android.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s