Qualcomm Luncurkan Prosesor Qualcomm Zeroth Dengan Kinerja Seperti Otak Manusia

Produsen prosesor perangkat bergerak Qualcomm memperkenalkan teknologi yang sistem kerjanya serupa dengan otak manusia, yaitu Qualcomm Zeroth. Seperti seri terdahulunya, teknologi ini dirancang untuk memaksimalkan kecepatan dan efisiensi daya di perangkat.

“Dengan menggunakan teknologi kami, perangkat beroperasi dengan lancar dan memaksimalkan penggunaan baterai,” ujar Qualcomm melalui blognya, Jumat 18 Oktober 2013.

Alasan diciptakannya Zeroth yaitu karena perusahaan ingin menyesuaikan dengan peningkatan sistem komputasi di perangkat bergerak. “Kami ingin perangkat yang digunakan bekerja lebih cerdas, mengantisipasi kebutuhan penggunanya, serta adanya interaksi yang berjalan secara natural,” kata mereka.

Lewat blog tersebut, Qualcomm kemudian menjelaskan bagaimana latar belakang dibuatnya Zeroth. Pertama, adanya inspirasi mengenai pelajaran tentang hal yang bersifat biologis. Mereka menyatakan, persepsi yang dibangun oleh manusia serta kemampuan mempelajari hal yang bersifat bilogis, dapat diaplikasikan ke dalam teknologi prosesor.

Berikutnya adalah bagaimana prosesor bekerja seperti halnya manusia mengetahui isi dunia. Salah satu fungsi utama prosesor ini yaitu sama dengan bagaimana manusia mereplikasi efisiensi melalui indra, untuk mengkomunikasikan informasi. “Ahli saraf telah menciptakan model matematika secara akurat mengenai cara kerja saraf ketika mengirimkan, menerima, dan memproses informasi,” tulis blog tersebut.

Selanjutnya yaitu menciptakan dan menjabarkan Neural Processing Unit (NPU). Qualcomm berharap, Zeroth mampu mendefinisikan dan melakukan standarisasi arsitektur secara natural, yang mereka sebut sebagai NPU.

“Kami memandang NPU sebagai varian dari perangkat yang berbeda, namun dapat bekerja secara berdampingan dengan sistem yang ada di chipset.” Melalui cara ini, pengguna dapat mengembangkan program melalui bahasa pemrograman tradisional atau mendorong NPU untuk berinteraksi, seperti halnya perilaku manusia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s