BlackBerry Messenger BBM di Android Dipastikan Diluncurkan Akhir September

Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) di Android dan iOS telah ditunggu-tunggu oleh sebagian pengguna. Namun, kepastian jadwal rilisnya tak kunjung diumumkan oleh BlackBerry. Sempat beredar kabar bahwa BBM untuk Android dan iOS akan dirilis pada 27 Juni. Namun, berita ini langsung dibantah BlackBerry.

CEO BlackBerry sempat memberikan “petunjuk” bahwa peluncurannya akan dilakukan sebelum musim panas berakhir, tetapi tetap tidak memberikan tanggal pastinya. Tidak dijelaskan pula, musim panas di belahan bumi bagian mana. Bila mengacu akhir musim panas di markas BlackBerry, Kanada, maka yang dimaksud adalah bulan Oktober.

Namun, misteri tersebut mulai terungkap setelah salah satu petinggi BlackBerry yang menjabat sebagai Managing Director BlackBerry India Sunil Lalvani memberikan bocorannya. “Layanan (BBM) akan menyambangi Android musim panas ini. Tapi musim panas di Amerika Utara, yang berarti akan berlangsung hingga September,” kata Sunil kepada IBN Live, Rabu (17/7/2013). Saat ditanya, apakah itu berarti BBM untuk Android akan hadir sebelum akhir September, Sunil dengan tegas membenarkan.

Ini berarti pengguna yang telah menunggu kedatangan BBM di Android tidak perlu lagi menunggu terlalu lama. Sementara itu, soal BBM di iOS, belum ada informasi lebih lanjut walau bisa jadi akan dirilis bersamaan. BlackBerry sendiri telah membuat halaman situs khusus yang memberi informasi soal kedatangan aplikasi BBM di Android dan iOS. Anda bisa mengunjungi situs itu dengan mengeklik tautan ini. Dengan memasukkan alamat e-mail, Anda akan mendapat informasi kedatangan aplikasi BBM.

Aplikasi BBM bakal bisa berjalan di perangkat dengan sistem operasi iOS versi 6 ke atas dan Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas. Pengguna Android dan iOS dapat memanfaatkan BBM untuk mengirim pesan teks, foto, voice note, serta membuat grup diskusi berisi 30 kontak.

Aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) untuk handset di luar BlackBerry agaknya akan segera dirilis dalam waktu dekat. Setelah muncul foto perangkat Galaxy S III yang menjalankan BBM, kini BlackBerry selaku produsen aplikasi itu dikabarkan mulai menyebar undangan kepada pengguna terpilih untuk menjajal BBM di Android versi ujicoba (Beta). Seperti dilansir situs BBOS, tak semua pengguna BlackBerry mendapat kesempatan tersebut. Untuk mereka yang terpilih, aplikasi BBM untuk Android sudah masuk ke BlackBerry Beta Zone dan tersedia di bawah menu “Eligible Programs”.

Sejumlah anggota BlackBerry Beta Zone di Indonesia disinyalir sudah mencoba aplikasi BBM untuk Android. Lucky Sebastian dari milis Gadtorade di Twitter (@gadtorade) mengunggah screenshot gambar aplikasi tersebut di sebuah smartphone Android. BBM untuk Android membutuhkan sistem operasi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) atau lebih tinggi. Belum ada informasi lebih lanjut soal BBM untuk iOS, tapi aplikasi ini disebut mensyaratkan sistem operasi iOS 6 atau lebih baru.

Lalu, kapankah BBM akan tersedia secara resmi untuk Android dan iOS? Managing Director BlackBerry India Sunil Lalvani pernah mengatakan bahwa BBM akan hadir untuk dua platform mobile terpopuler tersebut sebelum akhir September 2013 mendatang. Mereka yang ingin segera memperoleh notifikasi begitu BBM tersedia untuk Android dan iPhone bisa mendaftarkan alamat email melalui tautan berikut ini. Sama seperti aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android, versi iOS dari aplikasi instant messaging (IM) ini pun ternyata sedang dalam tahap pengujian. Meskipun begitu, lingkup pengujian versi iOS ternyata tidak sebesar Android.

Menurut Cnet, Jumat (2/8/2013), aplikasi BBM untuk Android memang sudah bisa dicoba di luar perusahaan BlackBerry, meski jumlah penguji tidak terlalu banyak. Para pengguna Android yang sudah mendapatkan hak akses ke aplikasi tersebut barulah teman dan keluarga dari karyawan BlackBerry. Sementara itu, aplikasi BBM untuk iPhone baru diuji di dalam lingkup perusahaan BlackBerry saja. Artinya, pihak BlackBerry belum mengundang orang di luar perusahaan mereka untuk menguji aplikasi yang sudah sangat dinanti-nanti ini.

Thorsten Heins, CEO BlackBerry, pada bulan Mei 2013 lalu, secara mengejutkan mengumumkan kehadiran produk andalannya, BBM, di dua platform teratas saat ini, yaitu iOS dan Android. Ia pernah membeberkan bahwa aplikasi ini akan hadir di iOS dan Android sebelum musim panas berakhir. Namun, tak disebutkan tanggal pasti peluncurannya.

Beberapa saat lalu, Managing Director BlackBerry India Sunil Lalvani pernah membeberkan bahwa BBM akan hadir untuk dua platform mobile terpopuler tersebut sebelum akhir September 2013 mendatang. Aplikasi BBM bakal bisa berjalan di perangkat dengan sistem operasi iOS versi 6 ke atas dan Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas.

One response to “BlackBerry Messenger BBM di Android Dipastikan Diluncurkan Akhir September

  1. ane coba download aplikasi BBM ini, ternyata susah juga…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s