20 Persen Pengguna Android Pindah Ke iPhone Sedang 58 Persen Pengguna iPhone Pindah Ke Android

Dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak pengguna ponsel pintar di AS yang beralih dari perangkat berbasiskan Android ke ponsel pintar buatan Apple, iPhone. Sementara itu, hanya sedikit pengguna iPhone yang mau berpaling ke produk perusahaan pesaing Apple, Samsung.

Menurut hasil survei dari perusahaan Consumer Intelligence Research Partners, seperti dikutip dari Cnet, Selasa (20/8/2013), pengguna Android (tidak spesifik produk buatan Samsung) yang memutuskan berpaling ke iPhone mencapai 20 persen. Adapun pengguna iPhone yang akhirnya tertarik untuk menggunakan ponsel pintar buatan Samsung hanya 17 persen dari sekitar 500 responden.

Pengguna iPhone tampak lebih “setia” dibandingkan dengan pengguna Samsung sebanyak 3 persen. Dari survei yang dilakukan pada Juli 2012 hingga Juni 2013, diketahui hanya sekitar 42 persen pengguna iPhone di AS memilih untuk meng-upgrade ke iPhone generasi yang lebih baru, dibandingkan beralih platform. Sedangkan sebanyak 58 persen akan perpindah ke Android

Nilai pengguna Android yang memilih untuk beralih dan tetap menggunakan Samsung mencapai 73 persen. Namun, tidak semua pengguna dari persentase tersebut yang menggunakan produk Samsung dari awal.

Dari survei ini, diketahui juga bahwa produk Samsung merupakan pilihan pertama bagi para pengguna feature phone yang ingin beralih ke ponsel pintar. Sebanyak 87 persen pengguna feature phone yang menggunakan produk Samsung sebagai ponsel pintar pertamanya. Sedangkan Apple kalah cukup jauh, yaitu hanya 6 persen saja.

Samsung banyak menarik pengguna dari HTC, Motorola, dan Nokia. Sedangkan Apple mendapat pangsa pasarnya karena banyak “merebut” pengguna BlackBerry.

Consumer Intelligence Research Partners melakukan survei secara tahunan. Penelitian kali ini dilakukan dari Juli 2012 hingga Juni 2013. Mereka melakukan survei terhadap 500 orang yang baru membeli ponsel dalam kurun waktu 90 hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s