Pramugari Tewas Tersengat Listrik dari Baterai iPhone 5

Insiden kecelakaan yang melibatkan kerusakan ponsel agaknya sedang marak terjadi. Salah satu kabar terbaru datang dari China, di mana sebuah iPhone 5 disebut memakan korban jiwa.

Seperti dilansir South China Morning Post, seorang pramugari bernama Ma Ailun dikabarkan tewas ketika menelepon dengan iPhone 5 yang sedang diisi baterainya.

Diduga Ailun tewas terkena listrik yang mengalir dari perangkat tersebut. Peristiwa ini terjadi pada Kamis (11/7/2013) minggu lalu.

Kisah wanita 23 tahun yang sedianya akan menikah Agustus itu menyebar luas lewat media sosial China seperti Weibo dan memunculkan kekhawatiran terkait keamanan ponsel pintar yang bersangkutan.

Terlebih lagi, sebelumnya, jagat maya Negeri Tirai Bambu tersebut diramaikan berita tentang iPhone 4 yang meledak di kasur pemiliknya.

Pihak Apple sendiri telah mengetahui kabar ini dan menyatakan bakal bekerja sama dengan kepolisian dan menginvestigasi laporan soal kejadian tersebut, di samping mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban.

Detail-detail informasi mengenai apa yang sebenarnya terjadi belum jelas betul. Tetapi, seperti dilansir oleh Phone Arena, polisi di lokasi kejadian di Xinjiang, Uygur, disebut membenarkan laporan tentang peristiwa yang menimpa Ailun. Laporan forensik menjelaskan bahwa wanita muda tersebut memang tewas terkena aliran listrik.

Melalui sebuah posting blog, kakak korban mengimbau pengguna iPhone agar tidak menelepon saat perangkat tersebut sedang di-charge. Kasus ponsel pintar meledak atau terbakar tampaknya sedang marak terjadi belakangan ini. Setelah Samsung Galaxy S3 terbakar yang mencederai seorang gadis muda, kini kejadian tersebut menimpa pemilik iPhone 4.

Ponsel pintar Apple tersebut, seperti dikutip dari Tech in Asia, Jumat (12/72013), dimiliki oleh seorang pria asal Chongqing, China bernama Wang Kailin.

Wang meletakkan ponsel tersebut di sebelah bantalnya saat tidur. Beberapa jam kemudian, tanpa disadari, perangkat tersebut meledak, kemudian mengeluarkan api dan mulai membakar kasur tempat tidur Wang. Untungnya, Wang masih sempat terbangun dan tidak mengalami luka bakar. Menurut seorang ahli yang diwawancarai oleh media massa Yangzi Evening News, ledakan tersebut disebabkan oleh baterai iPhone 4. Masih belum diketahui apakah masalah ini ditimbulkan oleh cacat produksi dari pihak produsen atau adanya hubungan arus pendek.

Peristiwa meledaknya perangkat iPhone sudah beberapa kali terjadi. Beberapa bulan lalu, pemilik iPhone 5 asal Bangkok melaporkan perangkat miliknya tiba-tiba meledak saat dipakai menelepon kurang lebih selama 30 detik.

Di New York, Amerika Serikat, pun pernah terjadi kejadian yang hampir mirip. Perangkat iPhone 4S yang dimiliki Shibani Bhujle, seorang manajer pemasaran di New York, mengaku produk tersebut semakin panas dan mengeluarkan bau terbakar. Setelah diselediki lebih lanjut, baterai dari iPhone 4S miliknya telah meleleh dan mengeluarkan cairan elektrolit.

Belum lama ini, salah satu produk milik Galaxy S3, juga mengalami kasus yang sama. Insiden tersebut dialami oleh seorang gadis berumur 18 tahun bernama Fanny Schlatter. Ponsel kesayangan miliknya terbakar saat berada di dalam saku celananya dan membuat pahanya luka bakar cukup serius.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s