Survey : iPhone 5 Adalah Smartphone Paling Dibenci dan Tercela

Firma analis media sosial We Are Social mengumumkan hasil survei tentang smartphone terpopuler saat ini. Dari survei ini, diketahui bahwa ponsel pintar milik Apple, iPhone 5, adalah perangkat yang paling dicela alias paling banyak mendapatkan kritikan negatif.

Nilai yang didapatkan iPhone 5 dua kali lipat lebih banyak dari urutan terbaik di kategori tersebut, Samsung Galaxy S4. iPhone 5 mendapatkan kritikan negatif sebanyak 20 persen, sedangkan Galaxy S4 hanya 11 persen.

Setelah iPhone 5, disusul oleh BlackBerry Z10 dan Lumia 920 yang mendapat nilai “kecaman” sebesar 18 persen dan 15 persen.

Menurut We Are Social, kebanyakan pengguna media sosial memberikan kritikan negatif tentang konektor power baru (lightning connector), tidak akuratnya aplikasi peta Apple Maps, dan betapa miripnya iPhone 5 dengan generasi sebelumnya.

“Brand sering menerima kritik untuk produk baru mereka karena tidak menawarkan suatu hal yang benar-benar baru dibandingkan generasi sebelumnya,” kata Ed Kitchingman, Senior Analis di We Are Social, seperti dikutip dari DailyMail, Jumat (5/7/2013).

Galaxy S4 memang dirilis dengan segudang fitur baru. Oleh karena itu, tidak heran para “penduduk” dunia jejaring sosial banyak membicarakan fitur-fitur baru tersebut. Menurut Kitchingman, Samsung memiliki “faktor wow” dengan menarik 56 persen pengguna jejaring sosial untuk terus membicarakan fitur baru yang dimilikinya.

Adapun Apple dengan iPhone 5-nya hanya berhasil “menarik” 29 persen orang untuk membicarakannya di dunia jejaring sosial.

Meskipun begitu, Apple berhasil membuat kehebohan tersendiri pada saat peluncuran iPhone 5. Hal tersebut terbukti dari banyaknya pengguna jejaring sosial yang membicarakan iPhone 5, yaitu mencapai 1,7 juta.

Nilai tersebut sangat bertolak belakang dari peluncuran BlackBerry Z10 yang mencapai 300.000, Galaxy S4 dengan 140.000, dan Lumia 920 dengan 45.000.

We Are Social juga membeberkan, Apple masih menjadi perusahaan dengan pengguna loyal terbanyak, yaitu sebanyak 42 persen.

Survei oleh We Are Social ini dilakukan dengan cara memindai dan mencari topik yang relevan melalui Twitter, blog, dan juga forum, mengikuti peluncuran empat ponsel kelas atas, yaitu iPhone 5 pada September 2012, Galaxy S4 pada Maret 2013, BlackBerry Z10 pada Januari 2013, dan Lumia 920 pada September 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s