Cara Terbaik Mengisi Baterai Smartphone Agar Tahan Lama

Pintarlah dengan penggunaan baterai smartphone Anda. Mungkin hal ini masih menjadi pengetahuan bagi sebagian orang. Mengisi ulang baterai smartphone Anda hingga 100 persen adalah hal yang sangat tidak dianjurkan, ujar seorang ahli teknologi.

Membiarkan baterai habis hingga 0 persen juga sangat tidak disarankan. Hal terbaik yang paling ideal adalah mengisi baterai ketika daya tahan baterai tinggal 40 persen. Adapun untuk pengisian baterai smartphone maksimal, yaitu 80 persen.

Seperti yang dilansir My Daily News, situs teknologi Gizmodo telah melaporkan pada 1 Juli 2013 bahwa membiarkan baterai Anda mengisi dari 0 persen hingga 100 persen adalah hal yang salah. Sebab, cara tersebut dapat membuat baterai lebih cepat boros, dapat meledak, dan juga dapat memperpendek umur baterai. Seorang ahli teknologi di Inggris, Eric Limer, mengatakan, “rahasia agar baterai smartphone lebih tahan lama adalah jangan mengisi ulang baterai sampai kapasitas penuh 100%,” katanya.

Level charging atau pengisian baterai yang paling ideal dan optimal untuk menjaga keawetan baterai berada pada kisaran 40 persen hingga 80 persen. Limer juga mengatakan, “keharusan mengisi ulang baterai ponsel baru selama puluhan jam sebelum digunakan adalah mitos.” Karena hal tersebut hanya berguna untuk baterai nickel dan tidak beguna untuk baterai lithium ion yang saat ini telah digunakan secara umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s