Yahoo Mail Terintegrasi Langsung dengan Flickr Dengan Kapasitas Raksasa 1 TB

Pengguna surel Yahoo mulai sekarang dapat berbagi foto pribadi atau album dengan teman, tanpa harus meninggalkan kotak surat mereka. Hal tersebut karena Yahoo, secara resmi, mengumumkan Yahoo Mail telah terintegrasi langsung dengan Flickr melalui Dropbox, Jumat, 28 Juni 2013.

Dropbox merupakan layanan yang menawarkan solusi kepada pengguna surel, yang mengalami keterbatasan ukuran lampiran, dan telah terintegrasi penuh dengan Yahoo Mail pada awal April 2013. Hal demikian memudahkan pengguna Yahoo Mail mengirim, menerima, dan mengelola lampiran surel.

Perusahaan layanan surel itu mengungkapkan, pengguna surel Yahoo dapat berbagi foto dengan tampilan yang lebih indah, seperti pengalaman mereka yang berjelajah langsung di Flickr.

Pengguna Yahoo Mail harus terlebih dahulu login ke Flickr. Selanjutnya dari Yahoo Mail, klik tanda panah di sebelah gambar penjepit kertas (attach files) dan pilih menu Share from Flickr untuk memilih foto-foto pengguna yang tersedia di sana. Bagi pengguna Yahoo Mail yang belum mendaftar di Flickr, dapat mendaftar tanpa harus meninggalkan akses Mail.

Foto merupakan tipe file yang bermuatan besar, serta paling populer yang dibagikan melalui surel oleh pengguna Yahoo. Perusahaan di bawah kepemimpinan Marissa Mayer ini terus melakukan pembaharuan guna menarik perhatian penggunanya sejak melakukan akuisisi dengan Flickr dan menambahkan satu terabita penyimpanan data ke pengguna Flickr.

Yahoo meningkatkan jumlah penyimpanan data gratis hingga 1 terabita bagi pengguna Flickr. Sejak membeli Flickr, Yahoo berusaha menghidupkan kembali minat pengunjung situs komunitas foto tersebut. Ruang penyimpanan gratis yang ditawarkan Yahoo menarik minat pengembang untuk melihat Flickr sebagai sumber penyimpanan file foto, sekaligus file lain, termasuk format PNG file image.

“Menyimpan file di Flickr dengan memasukkan kode Ruby sekadar latihan akademis. Sistem kode ini masih perlu banyak perbaikan karena masih berjalan lambat,” kata Ryan LeFevre, pengembang yang mengunggah kode Ruby untuk GitHub, istilah penyimpanan file pada Flickr.

Dengan kapasitas 1 terabita ini, pengguna Flickr bisa menyimpah lebih dari 500 ribu foto dengan tingkat 6,5 megapiksel, hasil rata-rata ukuran kamera ponsel cerdas saat ini.

LeFevre melalui surat elektronik mengatakan, pengembang lain, Ricardo Tomasi, tengah melakukan proyek serupa pada saat ia meluncurkan aplikasi kode penyimpanannya di Flickr. Akan tetapi, LeFevre tidak akan menyarankan siapa pun menggunakan kode buatannya untuk menyimpan file penting. Kode penyimpanan Flickr membutuhkan akun Flickr API, namun hal ini juga masih harus dilihat apakah kode tersebut sesuai aturan layanan Flickr dan Flickr API.

Situs Informatonweek menuliskan, perwakilan Flickr belum memberikan tanggapan lebih jauh mengenai pengembangan ini. “Saya yakin mereka tidak menyukai temuan saya ini karena Flickr meminta pengguna tidak mengunggah apa pun yang dapat mengganggu layanan, tapi temuan saya sepertinya tidak mengganggu,” kata LeFevre, yang juga mengungkapkan ketidakjelasan aturan layanan Flickr atas kebolehan temuannya tersebut.

Desain ulang Flickr merupakan bagian dari upaya Yahoo mengembalikan pamornya yang lama hilang, bukan sekadar meningkatkan kapasitas penyimpanan Flickr. Menurut Markus Spiering, Kepala Produk Flickr, Home Page, Feed Activity, Photostreams, dan Sets Flickr telah didesain ulang. Fitur slideshow, pencarian, dan sosial telah diperbaiki, serta kemampuan pengenalan wajah telah ditambahkan untuk menyederhanakan pengelompokan foto. Tak ketinggalan juga aplikasi baru Android untuk Flickr di Google Playstore.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s