Sony Luncurkan Kamera Saku RX100 Mark II dan RX1R

Sony memperkenalkan duet kamera saku RX100 Mark II dan RX1R, Kamis (27/6/2013). Keduanya adalah model produk premium dengan sejumlah fitur unik yang membedakannya dari kamera sejenis.

RX100 Mark II merupakan penerus dari RX100 yang populer di kalangan penyuka fotografi karena mengombinasikan kualitas foto yang sangat baik dengan desain tubuh mungil yang bisa dimasukkan ke kantong baju atau celana.

Kamera ini mengusung sensor Exmor R yang memiliki ukuran 1 inci dan resolusi 20,9 megapixel. Sensor tersebut adalah jenis baru yang berbeda dari milik RX100 dan memiliki rentang sensitivitas ISO 100-25.600.

Sony mengklaim sensor baru itu lebih sensitif terhadap cahaya hingga 40 persen. Untuk mendukung kapabilitas low-light kamera ini, di depan sensor tersebut terpasang lensa Carl Zeiss berbukaan maksimum f/ 1.8.

Layar LCD 3 inci pada RX100 Mark II pun mendapat engsel fleksibel sehingga bisa ditekuk ke atas dan ke bawah (tilting), sementara di dalamnya, Sony telah menanamkan kapabilitas WiFi dan NFC.

Bagaimana dengan harganya? RX100 Mark II dibanderol lebih mahal daripada RX100, yaitu seharga 750 dollar AS atau sekitar Rp 7,5 juta, dibanding pendahulunya yang kini dihargai sekitar Rp 6,7 juta.

Sementara itu, RX1R adalah kamera saku dengan sensor full-frame dan lensa fixed 35mm f/2. Satu-satunya perbedaan kamera ini dengan kamera terdahulu (RX1) adalah dihilangkannya optical-low pass filter di depan sensor sehingga mampu menangkap foto yang lebih tajam dan detail.

Sensor full-frame milik RX1R tersebut memiliki resolusi 24 megapixel dan rentang sensitivitas ISO 100-25.600. Kamera ini dijual seharga 2.800 dollar AS atau sekitar Rp 28 juta.

Sony menyebutkan bahwa baik RX100 Mark II maupun RX1R tidak akan menggantikan para pendahulunya, tetapi bakal dijual berdampingan sebagai alternatif pilihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s