Strategi Harga Murah Membuat Produsen Tablet Lokal Advan Vandroid Kuasai 70% Pangsa Pasar Nasional

Peminat Advan Vandroid T5A kian membludak. Dari mahasiswa, pekerja kantoran, dan pekerja swasta begitu antusias ingin mendapatkan tablet berkualitas dengan harga terjangkau. Animo konsumen terhadap Vandroid T5A memang sudah diduga. Tablet yang dijuluki ‘iPad Mini” rasa lokal ini menggoncangkan kota Jakarta dengan merilis harga yang fantastis.

“Vandroid T5A dibanderol hanya Rp 1.499.000, harga tersebut berlaku hanya satu hari, 10 Juni 2013,” ungkap Tjandra Lijanto, New Business Develovment Advan, di FX, Jakarta, Senin (10/6). Beberapa konsumen rela antre untuk mendapatkan Tablet idaman. Mereka yang antre tidak hanya datang dari kalangan mahasiswa dan pelajar, karyawan swasta dan eksekutif muda pun ikut antre untuk mendapatkan kesempatan pertama memiliki Vandroid T5A.

“Saya tertarik sama Vandorid T5A, karena mirip iPad Mini,” ungkap Carles, salah satu karyawan swasta di bilangan Jakarta. Carles tak sendirian, ia mengajak beberapa kawannya untuk menyerbu FX . “Saya bersama tiga kawan saya ikutan antre. Kebetulan saya sedang ambil cuti, jadi bisa ikutan,” ungkap Carles. Hal senada diungkapkan Mira, salah satu mahasiswa di bilangan Ciputat. Ia rela bolos kuliah untuk mendapatkan Tablet idaman.

“Iya aku bolos kuliah, tahu informasi dari teman katanya ada harga spesial. Aku berangkat dari Ciputat dari pagi, biar kebagian tabletnya,” ungkap Mira, mahasiswa semester 4 di salah satu PTS ini. Antrian pembeli sudah tampak 07.00 WIB pagi hingga siang. Advan membuka penjualan mulai pagi, kemudian siang dan sore hari. Menurut Tjandra event tersebut memang didedikasikan bagi konsumen yang loyal terhadap Tablet Advan. Loyalitas mereka sudah terbentuk. Setidaknya terlihat dari antrian yang terlihat.

“Mereka rela antre untuk mendapatkan Tablet Advan terbaru,” ucap Tjandra.Lebih lanjut dikatakan, konsumen memilih Advan Vandroid T5A karena berbagai hal penting yang dimiliki tablet tersebut. Di antaranya, spesifikasi yang mumpuni, ukuran Tablet yang nyaman dalam genggaman, dan tentunya karena layanan yang diberikan Advan selalu prima dan mengutakan konsumen.

Membludaknya antrian di FX Mal, menjadikan Advan optimistis untuk terus bertengger sebagai market leader di segmen nasional brand dan bersaing dengan tablet merk global. “Kualitas kami tidak diragukan lagi di dunia Tablet. Karena kami memiliki komitmen untuk terus menjadi yang terbaik di industri ini,” terangnya.

Kepadatan calon pembeli komputer tablet terbaru dari Advan mulai terlihat sejak pagi hari. Padahal, Advan yang mengambil tempat di lantai dasar FX Mal, Jalan Jendral Sudirman, baru melakukan open booth sedari jam 08.00 WIB.

Konsumen terlihat memadati area booth Advan untuk mendapatkan Tablet Vandroid T5A. Tablet ini dijual dengan harga khusus pada hari ini saja, 10 Juni 2013. Antusiasme konsumen begitu besar mulai dari pagi. Sekitar ratusan pembeli rela mengantre mendapatkan tablet idamannya.

“Saya mulai mengantre dari jam 06.00, agar mendapat kesempatan pertama membeli Vandroid T5A. Kebetulan rumah saya dekat di daerah Fatmawati dan kuliah di sekitar Sudirman. Sebelum masuk kuliah, saya menyempatkan diri untuk mampir ke FX. Takutnya nanti siang sudah habis barangnya,” ungkap salah satu konsumen yang enggan menyebut namanya di FX Mal, Jakarta (10/6).

Sementara Bimo, salah satu karyawan swasta, kebetulan mendapat giliran libur di hari Senin. “Kesempatan ini tidak saya sia-siakan, kapan lagi bisa mendapatkan tablet bagus dengan harga murah,” ucap Bimo. Karyawan yang bekerja di salah satu agensi itu merasa sangat membutuhkan komputer tablet karena dalam kesehariannya banyak melakukan presentasi kepada klien.

“Saya sementara ini pakai komputer tablet dari kantor, tapi setelah dipikir-pikir, mendingan beli sendiri. Pilihan saya memang mencari tablet yang punya kualitas bagus tapi terjangkau dengan kantong saya. Syaratnya, rela antre tapi mendapatkan barang yang sesuai dengan spesifikasi saya,” ungkapnya.

Tjandra Lijanto, New Business Develompment Advan mengatakan, antusiasme konsumen terhadap Vandroid T5A sudah diprediksi sebelumnya. Pihaknya sudah mendata akan ada lonjakan permintaan konsumen dalam acara launching dan open booth yang dilangsungkan hanya sehari di FX Mal.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen atas kepercayaannnya terhadap produk Advan, sehingga mereka rela antri dari pagi untuk mendapatkan komputer tablet berkualitas dengan harga terjangkau. Mudah-mudahan semakin siang semakin banyak lagi konsumen yang membeli produk kami,” jelas Tjandra.

Melanjutkan sukses Advan di tahun 2012. yang mengeluarkan banyak ragam produk Vandroid yang terbukti diminati masyarakat Indonesia, kini Advan kembali mengeluarkan Vandroid terbarunya yakni “Smart Note” S 5 dan T5-A. Hal tersebut diungkapkan Tjandra Lianto selaku Direktur New Business Development Advan. “Produk tersebut memiliki desain stylish eye catching sesuai tren yang banyak diminati masyarakat,” ungkap Tjandra Lianto saat pembuatan iklan Smart Note T5 – A yang menghadirkan Sherina Munaf dan Daniel Mananta di Living World, Serpong, Tanggerang, Selasa (29/01) sore.

Diakui Tjandra sebagai produk lokal terbaik, Smart Note S 5 dan T5 – A memiliki kesempurnaan sebagai smart note yang mudah dan memiliki fitur lengkap. “Sebagai brand lokal terbaik, kami berusaha menyempurnakan produk terbaik kami. Dan satu hal yang membuat Smart Note S 5 dan T5 – A menarik adalah sebagai produk lokal yang memiliki kualitas, Advan juga terjangkau dari segi harga,” lanjutnya. Smart Note S 5 akan dijual dipasaran dengan harga sekitar 1,4 jutaan, sedangkan T5 – A akan mulai dipasarkan pertengahan bulan Februari mendatang dengan kisaran harga 2 jutaan.

Produsen gadget lokal, Advan, berharap dapat menjual 75.000 unit tablet berbagai ukuran pada tahun 2013. Perseroan akan meluncurkan 20 model tablet pada tahun ini. “Tahun 2012, kami sudah menjual 50.000 unit tablet. Tahun ini kami targetkan penjualan bisa sampai 75.000 unit dari 20 model yang bakal diluncurkan,” jelas Direktur Marketing Advan, Tjandra Lianto usai peluncuran Vandroid T5A di Jakarta, Jumat (15\3).

Tjandra berpendapat, tablet 8 inci bakal menjadi tren pada tahun ini. Tahun 2012, kontribusi penjualan tablet 8 inci sebesar 15%. Di tahun 2013, kontribusinya diperkirankan menjadi 30% sampai 40%. “Tablet 8 inci akan makin diminati, karena tidak terlalu besar untuk dipakai menelpon dan cukup nyaman untuk browsing,” jelas dia.

Adapun, kali ini Advan meluncurkan Vandroid T5A yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon S4 Dual Core 1 GHz. Dalam peluncurannya, Advan menghadirkan paket spesial bundling dengan operator Telkomsel. “Dengan aktivasi kartu Telkomsel pada Vandroid T5A, pengguna bisa menikamti free internet 3,6 GB selama 3 bulan,” tutur Tjandra.

Dia menjelaskan, Vandroid T5A memiliki layar 8 inci dengan 5 point finger touch yang lega untuk mengetik dan melakukan kegiatan multimedia. Tablet ini menggunakan sistem operasi Andorid Ice Cream Sandwich 4.0. Tak ketinggalan, Vandroid T5A juga dilengkapi slot SIM Card GSM yang memungkinkan pengguna untuk telepon, video call, dan SMS. Tjandra menerangkan, Vandroid T5A dijual mulai awal April 2013 dengan harga berkisar di antara Rp 1,7 juta sampai Rp 1,8 juta. Tablet tersebut ditargetkan terjual 10.000 unit dalam waktu 3 bulan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s