AMD Luncurkan Prosesor A10 Untuk Gamer dan Pecinta Home Entertainment

AMD meluncurkan generasi kedua AMD Seri A-Accelerated Processing Units (APU), A10-5800K, untuk desktop, motherboard, dan komputer untuk home theater di Jakarta, Selasa, 27 November 2012. APU ini menyasar para perakit komputer dan gamer yang membutuhkan performa lebih bagus, grafis berkelas, multi-core, dan respons cepat.

“Kombinasi kecepatan dalam pemrosesan, mesin multi-core, dan kemampuan grafis diskret yang lebih superior membuat generasi kedua ini menjadi platform berkelas bagi para gamer maupun mereka yang ingin membangun desktop baru atau komputer home theater,” ujar Brian Slattery, Consumer Business Director AMD Far East Ltd, dalam peluncuran di Jakarta.

Slattery mengatakan, tingginya permintaan pasar akan prosesor desktop, yang mengedepankan performa dan harga yang bersaing, membuat AMD optimistis dapat melakukan penetrasi pasar yang lebih luas untuk jangka panjang di Indonesia.

Generasi kedua ini dijual mulai US$ 60 (Rp 575 ribu) hingga US$ 130 (Rp 1,2 juta). “Dengan harga yang kompetitif, API baru ini menawarkan core yang lebih banyak dan lebih cepat, serta terbaik di kelas entertainment,” ujar Slattery. “APU ini juga ideal untuk mendukung sistem operasi Microsoft Windows 8 yang baru diluncurkan bulan lalu.”

Koh Wai San, Channel Marketing Manager AMD, mengatakan, dibandingkan generasi pertama, APU baru ini memiliki performa per watt dua kali lipat dan performa komputasi lebih dari 700 GFLOPs. Dengan frekuensi maksimal sampai 4,2 GHz, APU ini didukung unlocked Central Processing Unit (CPU) dengan peranti lunak AMD OverDrive untuk performa overclocking ekstrem sampai 6,5 GHz.

Gabungan AMD Seri A generasi kedua dan seri grafis AMD Radeon HD 7000 ini juga menjanjikan permainan dan video yang lebih baik. Kombinasi itu mendukung teknologi AMD Eyefinity, yaitu teknologi multi-monitor yang mendukung satu tampilan tunggal Windows 8 hingga sampai empat monitor. “Untuk pertama kalinya, teknologi ini tersedia dari sebuah APU tanpa memerlukan sebuah kartu grafis terpisah,” ujar Koh.

Kombinasi ini juga mendukung performa tinggi arsitektur grafis DirectX 11 yang memberikan resolusi penuh 1080p untuk bermain games dan menghasilkan detail gambar seperti hidup.

Kelebihan lain generasi kedua ini adalah kemudahan memperbarui platform. Tiga opsi chipset berbeda tersedia pada motherboard dengan soket FM2, dengan tatanan fitur masing-masing yang berbeda, yaitu AMD A55, A75, dan A85X. Ketiga chipset ini mendukung AMD Memory Profile yang memungkinkan memori grafis dijalankan pada 1866 MHz.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s