Samsung Akan Segera Luncurkan Tablet Dengan Prosesor 8 Core

Setelah menelurkan Exynos 4 Quad dan Exynos 5 Dual tahun ini, Samsung disebut sedang menyiapkan sebuah prosesor 8 core.

Prosesor delapan inti untuk perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet tersebut, rencananya akan diumumkan pada Konferensi International Solid-State Circuits 19 Februari tahun depan.

Seperti dikutip dari Phone Arena, prosesor Samsung ini kabarnya dibangun berdasarkan konsep “big.LITTLE.computing” dari ARM dimana sejumlah inti utama prosesor dilengkapi dengan beberapa inti “pendamping”.

Dalam hal ini, prosesor Samsung tersebut akan memiliki empat buah core ARM Cortex-A15 berkecepatan 1,8 GHz untuk menangani tugas-tugas berat, beserta empat buah core ARM Cortex-A7 yang berjalan di frekuensi 1,2 GHz yang akan menangani pemrosesan ringan.

Konsep tersebut mirip dengan “companion core” yang diterapkan Nvidia dalam Tegra 3 (antara lain dipakai di tablet Goolge Nexus 7 dan HTC One X) di mana empat buah inti prosesor dibantu oleh core kelima yang menangani tugas-tugas ringan untuk menghemat baterai.

Masih belum diketahui kapan perangkat dengan chip yang dibuat melalui fabrikasi 28 nanometer ini akan terealisasi. Namun, karena berpotensi memiliki ukuran fisik yang besar, ada kemungkinan bahwa ia akan lebih dahulu diterapkan pada perangkat tablet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s