Review dan Spesifikasi Kamera Saku Full Frame Sony RX1 Seharga 30 Juta

Sony Indonesia meluncurkan sejumlah produk kamera baru ke pasaran Tanah Air, pada Kamis (22/11/2012). Satu di antaranya yang paling mencolok adalah DSC-RX1, kamera saku dengan sensor full-frame.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima, sensor full-frame pada DSC-RX1 memiliki resolusi 24 megapixel dan rentang sensitivitas ISO 100-25600.

Jenis sensor ini memiliki ukuran sebanding dengan satu frame film tipe 135 (35,8 x 23,9 mm) dan biasanya hanya ditemukan di kamera tipe DSLR kelas profesional yang besar dan berat.

Nah, dibanding kamera-kamera full-frame lain, RX1 terbilang mungil dengan ukuran 113 x 65 x 70 mm dan bobot 482 gram.

Sensor “jumbo” milik RX1 dipadukan dengan lensa fixed Carl-Zeiss Sonnar T* 35mm F2 yang memiiliki jarak fokus minimum 20 cm. Lensa tersebut terpasang permanen dan tidak bisa diganti-ganti layaknya kamera mirrorless.

Untuk membidik gambar, pengguna diberikan dua pilihan: melalui layar LCD 3 inci dengan resolusi 1,2 megapixel atau unit viewfinder (tersedia versi optik dan elektronik) yang dijual terpisah.

Sony pun menyediakan serangkaian aksesori lain untuk melengkapi DSC-RX1, mulai dari flashgun yang bisa dipasangkan pada multi-interface hotshoe milik kamera itu, clip-on LCD, lens hood, thumbgrip tambahan, hingga casing eksklusif dari bahan kulit.

Tertarik? Bersiaplah merogoh kocek dalam-dalam. Meski masih belum ditentukan, berdasarkan penelusuran, kamera premium ini bakal dibanderol pada kisaran Rp 30 juta dan bisa diperoleh mulai Desember mendatang di toko-toko tertentu.

Selain DSC-RX1, pada kesempatan yang sama Sony juga meluncurkan sejumlah produk lain, yaitu kamera full-frame Sony SLT-A99, duet kamera mirrorless NEX-5R dan NEX-6, serta camcorder full-frame VG900 dan VG30 (APS-C).

Gambar-gambar Sony RX1, sebuah kamera saku dengan sensor besar berukuran “full frame”, bocor dan beredar di internet.

Lebih tepatnya, sensor pada RX1 disinyalir memiliki ukuran fisik 36 x 24 mm atau setara dengan sensor yang dipakai oleh kamera DSLR kelas profesional.Ukuran ini sama dengan satu frame film tipe 135 (35 mm).

Kamera saku biasanya memiliki ukuran sensor yang lebih kecil dibanding kamera DSLR. Akibatnya, kualitas gambar pun berbeda jauh. Resolusi sensor yang dipakai RX1 kabarnya sama dengan sensor milik kamera full-frame profesional Sony A99 SLT yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, yaitu 24 megapixel.

Bukan hanya sensor besar, gambar-gambar yang beredar pun memperlihatkan bahwa Sony memasang lensa berkualitas tinggi Carl Zeiss 35 mm f/2.0 pada RX1.

Fitur lainnya termasuk range ISO 100-25,600, continuous shooting 5 FPS, perekaman video HD, bodi magnesium alloy, layar LCD 3 inci, serta opsi aksesoris viewfinder optik dan elektronik.

Kombinasi hal-hal tersebut konon membuat harga RX1 menjadi tidak murah. Situs PetaPixel.com melaporkan bahwa banderol kamera ini mencapai kisaran 2799 dollar AS atau 27 juta rupiah.

Sony diprediksi akan merilis beberapa model kamera baru. Selain RX1, dua model lainnya yang dikabarkan bakal segera meluncur adalah kamera profesional Alpha A99 dan kamera mirrorless NEX-6.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s