Smartphone Quad Core Dengan Harga Murah Telah Hadir

Tablet Nexus 7 dari Google kabarnya bukan satu-satunya perangkat “murah” yang mengusung prosesor quad core Tegra 3. Nvidia, pembuat chip tersebut, disebut sedang berencana mengekspansi platform “Kai” miliknya ke ranah smartphone.

Kai adalah platform Tegra 3 yang dibuat agar kompatibel dengan komponen-komponen lain (misalnya memori dan layar) yang lebih murah sehingga memungkinkan terciptanya perangkat yang lebih terjangkau, seperti Nexus 7.

Daya tarik utama dari tablet Nexus 7 adalah harganya yang relatif bersahabat, yaitu 199 dollar AS atau kurang dari Rp 2 juta. Meski tergolong murah, berkat Tegra 3 yang ditanamkan Nvidia di dalamnya, Nexus 7 bisa memiliki prosesor quad core dan GPU 12 core.

Smartphone murah berbasis platform “Kai” ini diprediksi bakal mulai tersedia pada akhir 2012. Sejumlah produsen ponsel asal China seperti Huawei dan ZTE disinyalir akan menjadi partner Nvidia.

Sebelumnya, Februari lalu, ZTE sempat menunjukkan sebuah smartphone quad-core berbasis prosesor Tegra 3, tetapi perangkat tersebut belum resmi diluncurkan.

Tergantung dari harga akhir yang ditetapkan oleh Nvidia, melalui platform Kai di smartphone, perusahaan tersebut akan berhadapan dengan produsen-produsen yang juga membuat chip murah, seperti Qualcomm, ST, dan MediaTek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s