5 Besar Virus Komputer Yang Beredar Di Indonesia dan Cara Menyingkirkannya

Dunia maya Indonesia masih rentan dari serangan virus komputer. Mereka yang wara-wiri pun banyak diisi pemain lawas yang aksinya tak kalah bandel dengan virus terbaru. Data dan program bisa hilang.

BEBERAPA virus yang ditemui memiliki keahlian yang unik, seperti ACAD/Medre.A.

Eset ThreatSense Lab menyebut malware (program jahat_Red) ini perlu mendapat perhatian serius, karena berpotensi mengakibatkan kerugian tidak hanya kehilangan data.

Bagaimana dengan malware lain yang terbilang paling bandel di Indonesa ? Berikut lima daftarnya yang dilansir perusahaan keamanan Eset selama bulan Juni 2012, seperti dikutip DetikNet.

1. WIN32/Ramnit.A

Virus ini terkenal bandel, dan cukup lama membuat pengguna internet terganggu. Ada cukup banyak laporan komputer yang terjangkit Ramnit masuk ke technical support Eset Indonesia. Setelah mengalami penurunan di bulan-bulan sebelumnya, Ramnit kembali bertengger di puncak sejak Mei lalu. Virus berjenis trojan ini relatif sulit disingkirkan. Tip dari Technical Support Eset Indonesia adalah lakukan update scan via safe mode, atau gunakan sysrescue.

2. LNK/Autostart.A

Nama lain Win32/CplLnk.A, yaitu threat yang dibuat secara khusus. Ketika seseorang membuka sebuah folder yang berisi malware shortcut dengan menggunakan aplikasi yang menampilkan shortcut icon, maka malware tersebut akan aktif secara otomatis.

3. Win32/Ramnit.F

Malware berjenis trojan ini mampu meng-copy dirinya yang akan memenuhi hard drive komputer yang terinfeksi. Virus ini biasanya bersembunyi di dalam aplikasi office, bahkan game. Dengan kemampuannya membuka firewall dan menyamar menjadi program palsu untuk mengumpulkan data penting seperti data transaksi, data keuangan sehingga sangat dianjurkan untuk segera menghapusnya, karena berpotensi menghambat kerja komputer dan merusak data yang tersimpan di dalamnya.

4. HTML/frame.B.Gen

Sejenis trojan yang berbahaya, dan mampu membajak komputer berbasis Windows lalu menginstall backdoor di komputer tersebut.Malware ini mampu mematikan software antivirus, sekaligus memonitor aktivitas browsing user, bahkan menghapus registry entries. Serta bisa mengakibatkan sistem operasi pada komputer tidak mampu bekerja sama sekali sehingga sangat membahayakan keamanan semua data yang tersimpan didalam komputer.

5. Win32/Sality.NBA

Salah satu program jahat ilegal yang ada pada Windows. Program tersebut mampu mangambil alih resources system dan memperlambat kinerja komputer. Beberapa program sejenis seringkali muncul dalam bentuk pesan-pesan maupun banner iklan sehingga mengganggu proses kerja. Sementara itu, malware ini juga merusak data yang tersimpan di dalam komputer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s