Layanan Yahoo! Koprol Akhirnya Ditutup Karena Tidak Memiliki Prospektif Secara Bisnis

Nasib Koprol pasca diakuisisi oleh Yahoo ternyata tak bertahan lama. Media sosial berbasis lokasi buatan lokal tersebut akhirnya dipastikan bakal ditutup oleh Yahoo. “Setelah melakukan kajian pada portfolio Koprol, Yahoo memutuskan untuk memberhentikan produk tersebut terhitung 28 Agustus 2012,” kata Yahoo dalam keterangan resminya, Jumat (29/6/2012).

Yahoo mengatakan, dimatikannya Koprol bukan tanpa alasan. Namun sejalan dengan fokus Yahoo untuk secara cepat berinovasi dengan produk dan properti miliknya. Dimana setelah dievaluasi, Koprol tidak dianggap memiliki posisi yang terlalu kuat dalam mendorong pendapatan sehingga harus dimatikan.

“Pengguna Koprol akan diberitahu mengenai pemberhentian ini dan proses untuk mendapatkan data online mereka yang dimulai hari ini,” pungkas Yahoo. Kabar penutupan Koprol sejatinya telah beredar sejak lama. Hal itu setelah lebih dari 20 karyawan IT Yahoo Indonesia dirumahkan sejak beberapa waktu lalu.

Pasca aksi PHK terhadap sejumlah karyawan divisi TI-nya, Yahoo Koprol masih belum menemui kejelasan soal nasibnya. Bahkan setelah berjalan dua bulan sejak kabar itu merebak. “Saat ini kita tengah melakukan strategi terbaru untuk Koprol. Kami belum bisa memastikan seperti apa, mungkin dalam waktu dekat akan segera diberitahu secepatnya,” tukas Country Ambassador and Sales Director Yahoo Indonesia Roy Simangunsong, di kantornya, Sentra Senayan, Jakarta, Selasa (26/6/2012).

Sebelumnya, CEO Yahoo Scott Thompson– yang kemudian dipaksa mundur karena kasus pemalsuan gelar sarjana — melakukan perombakan besar-besaran. Salah satu kebijakan yang diambil adalah merumahkan 2.000 karyawan Yahoo di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Menurut data terakhir yang sempat dibeberkan co-founder Koprol Satya, jumlah aktif pengguna Koprol mencapai 1,5 juta. Namun pertumbuhannya sedikit melambat dalam beberapa waktu terakhir.

Koprol sendiri diakuisisi Yahoo pada tahun 2010. Layanan yang mirip dengan Foursquare ini padahal sedang menggarap versi terbaru. Saat berbincang kala itu, Sebagai salah satu pendiri layanan jejaring sosial berbasis lokasi ini, Satya tentu harus menerima keputusan pahit tersebut. Terlebih yang sangat disesalkan, timnya sedang semangat-semangatnya mengerjakan versi terbaru dari Koprol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s