Lagi Buruh Apple Melakukan Bunuh Diri … dan 300 Lagi Mengancam Akan Bunuh Diri Bila Upah Tidak Dinaikan

Foxconn Technology Group, pemanufaktur utama produk-produk Apple, Kamis (14/6/2012) kemarin menyatakan bahwa salah seorang pekerjanya kembali melakukan bunuh diri.

Pekerja pria berusia 23 tahun tersebut melompat dari atap apartemennya yang berlantai 18 di kota Chengdu, China, sebelah barat daya dari pabrik Foxconn.

Pelaku bunuh diri kali ini baru satu bulan bekerja di Foxconn, pabrik yang membuat produk-produk elektronik dari merk-merk ternama seperti Apple, Dell, Nintendo, Sony dan Microsoft. Motif di belakang tindakannya tersebut masih diselidiki.

Kejadian ini merupakan yang pertama kalinya sejak Apple dan Foxconn membuat persetujuan untuk meningkatkan kesejahteraan 1,2 juta pekerja yang antara lain membuat produk iPhone dan iPad, pada Maret lalu.

Menurut perjanjian tersebut, Foxconn akan mempekerjakan ribuan pekerja baru untuk mengurangi waktu lembur dari para pekerjanya yang telah ada. Protokol keamanan dan kualitas pemondokan termasuk diantara hal-hal yang akan ditingkatkan.

Februari lalu, Foxconn juga telah mengumumkan peningkatan upah sebesar 16-25 persen untuk para pekerjanya.

Kondisi lingkungan kerja di pabrik Foxconn kerap mendapat sorotan karena banyak tercatat kasus bunuh diri dan tindakan-tindakan lain yang berkaitan dengan buruknya kondisi kerja.

Di samping belasan kasus bunuh diri yang tercatat sejak 2010 di pabrik Foxconn di Shenzen, Januari tahun ini, sekitar 300 orang pekerja Foxconn mengancam akan melakukan bunuh diri massal terkait dengan persoalan kenaikan upah. Kejadian kala itu sempat mengakibatkan produksi konsol game Xbox 360 terhenti.

Minggu lalu, sekitar 1.000 pekerja Foxconn di Chengdu dikabarkan mengamuk di kompleks pemondokan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s