Kinerja Anti Virus Gratisan Yang Tidak Kalah Dengan Anti Virus Profesional

BUKAN lagi rahasia jika Android merupakan sistem operasi yang paling seksi di mata pembuat malware. Secara kuantitas, aplikasi jahat yang beredar di platform besutan Google ini memang masih di bawah sistem operasi lain, seperti Windows. Tapi, pertumbuhannya luar biasa cepat.

Tak heran, tindakan pencegahan menjadi pilihan banyak pengguna smartphone berbasis Android. Salah satunya, dengan memasang program antivirus. Bagaimana pun, ponsel pintar adalah gadget dengan frekuensi koneksi internet yang tinggi. Alhasil, potensi konten jahat masuk pun semakin besar.

Nah, di toko aplikasi Android Market tersedia banyak pilihan antivirus, termasuk versi gratis. Kualitas dan fitur yang ditawarkan juga tak kalah dengan peranti lunak berbayar. Yang lebih penting, pengembangnya pun secara kontinu meng-update database virus, sehingga bisa memproteksi ponsel dari ancaman terkini.

NQ Mobile Security adalah salah satu antivirus gratis itu. Perkembangannya tidak terlepas dari ancaman yang dihadapi para pengguna Android di China. “Mereka bisa cepat mendapat database virus karena tingkat serangan di China memang luar biasa,” tutur Alfons Tanujaya, antivirus specialist dari Vaksincom.

Antivirus buatan pengembang China tersebut bisa berfungsi memblokir virus, malware, spyware, dan trojan. Antivirus ini juga memproteksi dari phishing, situs-situs fraud dan malware selama pengguna berselancar di internet.

Yang menarik, program antivirus ini memiliki fitur pencadangan dan pemulihan data kontak dan pesan. Fitur ini memungkinkan data-data penting dipindahkan dari ponsel berplatform Android ke ponsel bersistem operasi IOS atau Blackberry. Fitur tambahan lain yang membuat NQ lebih unggul ketimbang kebanyakan antivirus adalah kemampuannya untuk memonitor penggunaan data internet secara real time. Bagi pengguna, fungsi ini sangat membantu mengontrol penggunaan data internet.

Selain itu, ada juga antivirus gratis Lookout Mobile Security, yang direkomendasikan oleh CNET, PCWorld, dan TechCrunch. Lookout dirancang untuk mengatasi virus dan malware sehingga data pengguna ponsel, seperti password, pesan, dan kontak pengguna, tetap aman.

Aplikasi tersebut juga secara rutin melakukan pengecekan (scan) seluruh aplikasi yang terpasang di sistem. Selain itu, setiap memasang aplikasi baru, Lookout otomatis akan mengecek apakah aplikasi tersebut aman atau tidak. Apabila ternyata ada aplikasi yang tidak aman, Lookout akan memberi peringatan untuk membongkar atau uninstall aplikasi tersebut.

Antivirus ini juga dibekali fitur tambahan yang dapat menemukan lokasi ponsel yang hilang meski program GPS dalam posisi mati. Pengguna pun dapat mengaktifkan alarm yang mengeluarkan suara nyaring meski fitur suara di ponsel dimatikan. Selain itu, juga tersedia layanan pencadangan data kontak telepon yang bisa dipindahkan ke ponsel lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s