Ternyata Facebook Beli Gowalla Hanya Untuk Ditutup

Tiga bulan setelah diakuisisi Facebook, Gowalla resmi ditutup. Sebagai gantinya, layanan berbagi lokasi yang menyaingi Foursquare ini akan terintegrasi penuh dengan Facebook.

Melalui websitenya, Gowalla mengabarkan penutupan tersebut dan memberitahukan bahwa para pengguna bisa mengunduh data mereka di situsnya.

“Terimakasih sudah menggunakan Gowalla. Suatu kegembiraan bisa mengikuti perjalanan kalian di seluruh dunia. Silakan unduh data check-in, foto dan list yang pernah Anda unggah di sini segera,” tulis Gowalla.

Mantan CEO Gowalla Josh William telah menggarap Application Programming Interface (API) untuk Facebook. API ini memungkinkan developer mengintegrasikan layanan berbasis lokasi dengan konten yang dibagi.

Seperti dilansir Mashable, Senin (12/3/2012), Facebook memang merencanakan memanfaatkan akuisisi Gowalla untuk terintegrasi lebih jauh dengan kehidupan sehari-hari para penggunanya.

Dengan dirilisnya fitur Timeline, Facebook berupaya memberikan pelayanan bagi pengguna untuk bisa mendokumentasikan kehidupan mereka. Jadi berbeda dengan sebelumnya yang hanya mendiskusikan apa yang terjadi pada satu hari.

Software Engineer Facebook Alex Wyler menyebutkan, Facebook kini memang mengedepankan lebih banyak detail pada setiap konten yang dibagi pengguna.

“Mulai sekarang, lokasi dan teman bisa ditambahkan sebagai properties ke foto, link atau status yang diposting melalui aplikasi,” kata Wyler.

Gowalla yang dirilis pada 2009 tahun lalu dilaporkan telah memiliki sekitar 600 ribu pengguna. Sayangnya, situs ini mengalami kendala melawan dominasi Foursquare di pasar aplikasi berbasis lokasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s