Tren Komputer 2012 Adalah Ultrabook Dengan Layar Makin Lebar dan Harga Semakin Murah

Perusahaan pembuat mikroprosesor Intel memprediksi bahwa 50 persen jumlah ultrabook yang akan diluncurkan di tahun 2012 ini lebih banyak yang berukuran besar, yaitu 14 dan 15 inci. Ini berbeda dengan ukuran layar beberapa ultrabook yang telah beredar, yaitu 13,3 inci.

Hal ini diungkapkan Shmuel Mooly Eden, Vice President and General Manager PC Client Group Intel, dalam ajang pameran elektronik Consumer Electronics Show di Las Vegas, 10 sampai 13 Januari 2012.

Eden juga memprediksi akan ada 75 desain ultrabook yang berbeda dan akan dijual di bawah 1.000 dollar AS atau di bawah Rp 9 juta.

Harga akan menjadi faktor yang paling menentukan dalam keberhasilan atau kegagalan ultrabook, mengingat persaingan yang begitu kuat di antara vendor produsen ultrabook.

Meski demikian, penjualan ultrabook niscaya akan mendapatkan antusiasme tinggi, setidaknya pada akhir 2012 berkat peluncuran sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 8.

Di masa depan, lanjut Eden, model ultrabook akan dibekali layar sentuh multitouch untuk melengkapi keyboard dan mendorong fungsi ultrabook ke tingkat yang lebih multifungsi.

Intel juga telah mengumumkan kemitraannya dengan perusahaan pembuat software Nuance untuk membawa fitur pengenalan suara pada ultrabook.

Fitur tersebut akan mulai digarap pada akhir 2012. Nuance adalah perusahaan yang membuat Siri, sebuah aplikasi yang dapat mentransformasikan suara manusia menjadi pesan teks, membuat reminder, mencari informasi, dan sebagainya.

Saat ini, ketebalan ultrabook kurang dari 15 mm, lebih tipis dibandingkan notebook dan netbook. Beratnya juga kurang dari 2 kg.

Ultrabook yang ada sekarang ini merupakan penggabungan dari fungsi tablet yang nyaman dibawa ke mana saja dan laptop yang memiliki spesifikasi hardware tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s