Nvidia Tegra 3 Prosesor Grafis Untuk Tablet Windows 8

EO Nvidia, Jen-Hsun Huang memamerkan tablet dengan prosesor Tegra 3 yang dapat menjalankan sistem operasi (OS) Windows 8. Tablet yang dipamerkan ini menggunakan chip termutakhir buatan Nvidia, Tegra 3.

Huang memamerkan tablet tersebut di pameran elektronik paling bergengsi di dunia, Consumer Electronics Show di Las Vegas, sejak tanggal 10 sampai 13 Januari 2012. Menurut Huang, Tegra 3 menggunakan arsitektur dari ARM.

Tahun 2011 lalu, Microsoft telah berjanji agar Windows 8 untuk perangkat mobile dapat berjalan pada perangkat yang menggunakan prosesor hasil adopsi arsitektur ARM. Apa yang dilakukan Nvidia ini sekaligus menjawab bahwa Tegra yang menggunakan teknologi ARM itu dapat menjalankan sistem operasi Windows.

“Saya tidak sabar untuk melakukan hal itu. Tahun 2012 akan menjadi tahun yang baik untuk tablet, dengan kedatangan sistem operasi baru Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan Windows 8,” kata Huang.

Pada kesempatan yang sama, Huang juga memperlihatkan seberapa baik kinerja Tegra 3 dari sisi grafis, dengan memainkan game 3 dimensi (3D) seperti Wipeout HD dan Shadowgun dari perangkat tablet Asus Eee Pad Transformer Prime, yang menggunakan prosesor quad core Tegra 3.

Huang juga mengumumkan teknologi andalan DirectTouch yang ada di setiap perangkat Tegra 3. Teknologi ini memberi pengalaman berlayar sentuh yang lebih halus dan lebih responsif. Nvidia mengklaim, DirectTouch dapat mengurangi atau menghilangkan lag antara input sentuhan dan respon grafis.

Selain itu, pihak Nvidia juga menjelaskan di situs resmi mereka, bahwa DirectTouch dapat mempercepat proses sentuhan 6 kali lipat, dan menurunkan konsumsi energi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s