Jasa Titip Menitip Online Yang Ternyata Mampu Memberikan Keuntungan Besar

Pernah dititipi orang sesuatu ketika berada di luar kota atau luar negeri? Mungkin yang terbayang adalah repot, berat, dan belum tentu orangnya mau membayar.

Apalagi yang menitip adalah keluarga atau sahabat dekat? Pernah terpikir aktivitas ‘titip-menitip’ bisa menjadi sumber penghasilan? Biztip.com akan menjawabnya.

Bistip.com sebagai Peer to Peer Courier Service merupakan situs yang memberikan kesempatan bagi pelawat (traveler) untuk menyampaikan kepada seluruh dunia bahwa dia sedang berada di suatu tempat dan akan kembali dalam kurun waktu tertentu, dan tentu saja siap dititipi membeli barang yang Anda inginkan.

Bagi siapapun yang ingin menitip sesuatu dari traveler ini, akan dikenakan biaya sesuai dengan keinginan traveler. Misalnya ada orang yang sedang berada di Singapura dan akan kembali ke Indonesia tiga bulan lagi, maka orang Indonesia yang mau menitip sesuatu seperti tas, sepatu, atau apapun bisa menginformasikan ke orang yang di Singapura tersebut.

Ketika orang yang di Singapura datang dan membawa barangnya, yang menitip harus membayar harga barang plus komisi sebesar yang diinginkan oleh traveler. Biasanya kesepakatan dilakukan di awal transaksi.

“Ada yang membayar sampai berkali-kali lipat karena saking senangnya mendapat barang yang diinginkan,” ujar William, pendiri Bistip.com, saat menjadi pembicara dalam Sparx Up Seminar “Gamification and Cnvergence” di International Design School, Jakarta, Jumat (23/12/2011).

William menambahkan, keberhasilan konsep yang ditawarkan Bistip.com telah membuat situs ini memiliki lebih dari 3600 anggota tersebar di 237 kota di 47 negara. Selain pembayaran di tempat, sistem pembayaran yang sudah bisa menggunakan BCA dan PayPal juga menjadi pendukung keberhasilan Bistip.com di berbagai negara.

Bistip.com yang dirintis pada Juli 2011 merupakan pemenang Sparx Up Awards 2011 untuk kategori Best User Generated Content dan mendapat gelar Most Promising Start Up 2011.

Kehadiran William di seminar Sparx Up yang disponsori oleh Kompas.com ini adalah untuk menginspirasi teman-teman lain yang belum mendirikan startup untuk berani memulai dan berani mengambil pangsa pasar internasional.

Konsep sederhana yang ditawarkan Bistip.com memberi contoh bahwa untuk “Go International” ternyata tidak sesulit yang disangka. Ajang SparxUp Award telah mencapai puncaknya, Jumat (21/10/2011) malam. Dua startup berhasil meraih penghargaan sebagai Best Most Promising Startup dan Best Rising Star, menggondol sejumlah hadiah berupa uang tunai, trophy serta kesempatan mendapatkan coaching dari para pakar dalam bisnis digital untuk membantu mengembangkan bisnis.

Gelar Best Most Promising Startup berhasil diraih oleh Bistip.com. Situs ini menyediakan layanan titip-menitip barang dan menyebutnya social marketplace. Lewat situs ini, satu pengguna bisa menitip barang pada pengguna lain yang sedang bepergian ke suatu tempat. Deal soal pembayaran, pengiriman dan sebagainya bisa diselesaikan sesuai cara pengguna.

Saat ini, Bistip.com sudah memiliki sekitar 2500 Bistiper, istilah yang dipakai untuk pengguna Bistip. Cukup banyak transaksi yang terjadi. Di setiap transaksi yang berjalan baik, penitip bisa member reputasi bagus pada si pembawa barang. Selain meraih Best Most Promising Startup, Bistip juga meraih Best Social Network dan Best User Generated Content dalam ajang SparxUp kali ini.

Sementara itu, gelar Best Rising Star diraih oleh Andtechnology.mobi, sebuah perusahaan penyedia solusi mobile. Andtechnology bisa mengembangkan solusi mobile untuk beragam aplikasi dan platform sistem operasi. Beberapa solusi yang telah dikembangkan saat ini mencakup bidang kesehatan dan minuman.

Dalam ajang SparxUp 2011, Andtechnology menang berkat produknya yang dinamai Blink Kontrol. Produk yang terdiri dari rangkaian hardware, smartphone Android, dan aplikasi ini memungkinkan penderita stroke untuk berkomunikasi dan melakukan aktivitas tertentu. Cukup mengedipkan mata, maka penderita stroke bisa mematikan AC misalnya.

Selain dua startup tersebut, sebanyak 23 startup lain juga menerima penghargaan SparxUp Award. Beberapa startup peraih itu adalah Ngaturduit.com, Ngomik.com, mobile game NyonNyonNyon dan Stack the Stuff, Bouncity, serta Inkuiri for BlackBerry.

Ajang SparxUp Award tahun ini telah memasuki tahun kedua di mana Kompas.com turut berperan sebagai penyelenggaranya. Tema “Innovate or Die” diusung dalam perlombaan tahun ini, menggarisbawahi pentingnya inovasi. Secara umum, produk-produk startup tahun ini sudah semakin orisinal dan menunjukkan inovasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s