98% Orang Indonesia Lebih Suka Berkirim SMS Daripada Menelpon

Hampir semua orang Indonesia yang memiliki ponsel lebih memilih berkirim pesan pendek ketimbang menelepon.

Fenomena itu terungkap dalam penelitian yang dilakukan Pew Research Center. Riset tersebut menunjukkan 96 persen pengguna ponsel di Tanah Air lebih suka SMS-an ketimbang menelepon.

Kondisi serupa juga terjadi di Kenya dengan persentase 89 persen penduduknya yang memiliki handphone cenderung berkirim pesan pendek.

Perilaku yang bertolak belakang terdapat di Amerika Serikat. Di negara itu, “hanya” 67 persen orang yang sering ber-SMS. Untuk kegiatan berselancar di dunia maya, 29 persen laki-laki Spanyol menggunakan ponsel mereka untuk mengakses Internet. Sementara perempuan yang melakukan kegiatan serupa hanya 13 persen.

Kesenjangan antara lelaki dan perempuan dalam mengakses Internet juga terjadi di Jerman dengan perbandingan 26:11 persen, dan Turki (30:14 persen).

Sementara kegiatan berjejaring sosial umumnya ditemukan di negara makmur dengan kemampuan akses Internet yang tinggi. Misalnya, 53 persen responden di Israel dan 50 persen responden di Amerika mengatakan mereka aktif menggunakan media sosial. Sementara di India dan Pakistan, responden yang menggunakan jejaring sosial hanya 5 dan 2 persen.

Dalam penelitian tersebut, Pew Research Center melakukan survei dengan cara tatap muka dan melalui telepon. Jumlah responden yang diambil sekitar 5.000 orang dari berbagai negara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s