Samsung Ajukan 4 Gugatan Tambahan Pada Apple Karena Meniru Utilitas Kenyamanan Pemakaian

Duel antara Samsung dan Apple di pengadilan tampaknya akan makin berkelindan. Baru-baru ini Samsung memasukkan empat gugatan baru tentang pelanggaran paten ke pengadilan Jerman. “Samsung telah mengajukan gugatan tambahan terhadap empat hal. Dua berhubungan dengan paten standar, dan dua lainnya mengenai paten kegunaan,” ujar seorang juru bicara Samsung, seperti dimuat Reuters, Selasa, 20 Desember 2011.

Dikutip dari PC Mag, salah satu pokok gugatan terbilang cukup unik, yakni Samsung menilai Apple telah meniru metode input emoticon dalam perangkatnya. Gugatan lainnya berkaitan dengan perangkat yang berfungsi menerjemahkan displai menjadi bahasa lisan yang disampaikan lewat loudspeaker. Adapun dua gugatan lain berkaitan dengan implementasi WCDMA 3G.

“Saya tak akan terkejut bila Apple nantinya merespons dengan cara mengajukan gugatan tambahan di pengadilan Jerman,” ujar analis dari Foss, Florian Muller. Ini merupakan gelombang gugatan Samsung yang kedua di pengadilan Jerman, mengikuti gugatan sebelumnya yang diajukan pada April lalu.

Sementara itu di negara yang sama, Apple juga menyeret perusahaan asal Korea ini ke pengadilan atas enam tuduhan pelanggaran hak paten. Awal Desember ini Samsung berhasil memenangi perkara paten di Australia. Pengadilan membatalkan larangan penjualan Galaxy Tab di Negeri Kanguru tersebut. Namun, sebaliknya, tuntutan Samsung untuk memblokir penjualan Apple 4S di Prancis tidak dikabulkan oleh pengadilan Paris.

Samsung menyatakan telah menambah empat klaim baru dalam gugatan paten terhadap Apple. Penambahan klaim paten ini diajukan Samsung kepada pengadilan di Jerman. Perusahaan asal Korea tersebut sebelumnya telah mengajukan klaim paten yang menyangkut teknologi telekomunikasi standar WCDMA untuk handset 3G. Gugatan ini sudah diajukan Samsung pada April lalu.

Salah satu dari empat paten baru yang diajukan Samsung itu menyangkut penggunaan emoticon. Sidang atas empat klaim ini rencananya akan dilakukan terpisah dengan gugatan sebelumnya. “Kami telah mengajukan empat klaim, dua di antaranya adalah standar yang terkait dengan paten dan dua lainnya adalah paten utilitas. Pengadilan mengatakan akan membuat klaim terpisah dari gugatan yang telah kami ajukan pada April lalu,” kata juru bicara Samsung, seperti dikutip Reuters, Senin, 19 Desember 2011.

Pada Jumat pekan lalu, pengadilan Mannheim di Jerman mulai menyidangkan gugatan Samsung. Rencananya, pengadilan akan memutuskan kasus ini Maret tahun depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s