Pengembang Aplikasi Kreatif Android Risaukan Pembajakan

Sebuah survei yang dilakukan oleh Skyhook, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, atas 75 developer Android menyimpulkan bahwa pembajakan menjadi kekhawatiran terbesar para developer. Hasil survei yang dirilis Kamis (8/9/2011) menunjukkan 26 persen developer menganggap pembajakan sebagai sebuah masalah yang cukup mengganggu.

Sedangkan sekitar 27 persen developer menganggap pembajakan sebagai masalah besar. Lebih lanjut, 53 persen developer menganggap Google terlalu longgar dalam mengawasi Android Market, pusat transaksi software Android sehingga hal tersebut jadi masalah.

Dari segi keuangan, dampak pembajakan ini tidak kecil. Sepertiga developer mengatakan bahwa mereka kehilangan potensi pendapatan lebih dari 10.000 dollar AS akibat beredarnya peranti lunak ilegal ini. Sebesar 32 persen menyatakan bahwa pembajakan membuat ongkos pendukung membengkak. Sedangkan 25 persen mengatakan bahwa ongkos server ikut terbebani.

“Aplikasi Android bagaikan hidup di dunia koboi tanpa sheriff,” ujar Carl Howe, Direktur Riset dari Yankee Groups. “Dengan lima pemain lain yang bertarung memperebutkan pasar, Google tak boleh membiarkan pembajakan membunuh bisnis developer,” tambah Carl.

Seperti diketahui, pasar untuk aplikasi berbasis mobile internet tiap tahun meningkat. Di Amerika Serikat, misalnya, tiap tahun ada penambahan 40 aplikasi per pengguna tiap tahunnya. Sebuah studi dari perusahaan teknologi Ovum, memprediksi jumlah aplikasi yang di unduh akan menjadi 18 miliar, meningkat 144 persen dibanding tahun lalu dengan jumlah sekitar 7,4 miliar.

One response to “Pengembang Aplikasi Kreatif Android Risaukan Pembajakan

  1. http://elitesergeant.wordpress.com/

    ok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s