Pendapat Zuckerberg tentang Google+ Yang Mirip Dengan Facebook

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, diketahui sempat memiliki akun di Google+, meski jejaring sosial ini merupakan rival utama perusahaan yang dimilikinya.

Lalu, setelah Google+ beroperasi sekitar empat bulan, apa pendapat Zuckerberg mengenai pesaing yang kerap disebut sebagai ancaman besar bagi Facebook?

“Mereka mencoba membangun versi mini Facebook ala mereka,” ujarnya dalam sebuah wawancara dengan PBS Show yang dikutip oleh PC World, Selasa, 8 November 2011.

Pernyataan ini dikeluarkan Zuckerberg setelah ia diminta memberikan pandangannya, apakah dalam 10 tahun mendatang Facebook akan terlibat dalam perang terbuka dengan Google, Apple, dan Amazon.

Ia mengatakan perusahaannya melihat Apple dan Amazon lebih sebagai partner, sedangkan Google dipandang sebagai rival yang lebih memiliki sisi kompetitif.

“Orang-orang senang membahas perang, padahal ada banyak cara di mana perusahaan-perusahaan bekerja bersama,” ujarnya. Ia mengakui bahwa memang ada kompetisi antar-perusahaan, namun bukan situasi di mana satu perusahaan akan memenangkan semuanya sendirian.

“Saat aku melihat Amazon dan Apple, aku melihat perusahaan yang sangat selaras dengan kami. Kami banyak berdiskusi dengan orang-orang di kedua perusahaan itu untuk menemukan apa yang bisa kami lakukan bersama,” ujarnya.

Google+ yang diluncurkan 28 Juni lalu banyak disebut sebagai ancaman bagi Facebook. Namun secara kuantitatif, jejaring sosial ini masih harus mengejar ketertinggalan mereka dalam hal member, di mana Google Plus baru memiliki 40 juta member di seluruh dunia atau hanya sekitar lima persen saja dibandingkan jumlah member Facebook.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s