Sistem Operasi Machintosh Kini Bertambah Buruk dan Menjadi Bulan Bulanan Virus Trojan

Sejumlah virus baru menyerang sistem operasi Mac. Ancaman berbentuk Trojan itu telah terdeteksi oleh antivirus ESET baru-baru ini. Trojan pertama adalah OSX/Revir.A dan OSX/Imuler.A. Keduanya menarik karena tampil dalam bentuk file PDF.

Target mereka adalah komputer Macintosh berbahasa mandarin. File pdf pada Trojan memuat tulisan bernuansa politik, terkait sengketa wilayah Kepulauan Diayou antara Cina dan Jepang.

Modus Trojan anyar itu adalah menginstal dirinya sendiri ketika korban memusatkan perhatian pada file PDF yang berisi soal sengketa itu.

Yudhi Kukuh, Technical Consultant dari ESET Indonesia, mengatakan Trojan yang tampil sebagai PDF adalah modus umum pada sistem operasi Windows. “Biasanya akan terlihat sebagai .pdf.exe. Dengan file extension ganda akan membuatnya menjadi semakin lihai bersembunyi,” ujar dia.

Namun, pada komputer Mac, serangan seperti itu terbilang baru. “Para pengguna Mac harus selalu waspada dengan kehadiran file berwujud PDF karena muatannya akan berbeda dengan PDF pada umumnya,” kata Yudhi kepada Tempo, kemarin.

Pada saat pengguna Mac berbahasa Mandarin sibuk mengurus Trojan OSX/Revir.A dan OSX/Imuler.A, beberapa hari kemudian telah muncul ancaman lain pada komputer Apple berbasis Mac OS X Lion (10.7). Virus itu teridentifikasi sebagai OSX/Flashback.A. Ia pun tergolong Trojan.

Modus OSX/Flashback.A adalah menginstal dirinya melalui installer Adobe Flash palsu yang terunduh dari situs Internet atau situs yang khusus mendistribusikan aplikasi Mac.

Flashback akan menyerang pengguna yang sering menggunakan situs jejaring sosial untuk menarik pengguna tersebut agar men-download dan akhirnya ia akan terinstal. Ia akan meminta korban menyaksikan konten tertentu. Lalu korban harus memilih untuk menginstal Flash Player.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s