Smartfren Targetkan 2 Juta Pelanggan Baru Internet Wireless

Penyedia layanan telekomunikasi berbasis teknologi CDMA, Smartfren menargetkan dua juta pelanggan data internet pada 2012 di Indonesia.

“Tahun ini, kami memiliki sejuta pelanggan data. Tahun depan dan seterusnya, kami menargetkan dua sampai lima juta pelanggan data,” kata Presiden Direktur Smartfren, Rodolfo Pantoja, di Jakarta, Jumat (16/9).

Smartfren menggunakan kabel jaringan serat optik yang mampu menampung seberapapun besar kapasitas data. Perusahaan itu juga memasang dua kabel jaringan redundant bawah laut untuk menjangkau jaringan telekomunikasi internasional yang diproyeksikan akan rampung pada 2016.

“Sebanyak 55 persen, pendapatan kami berasal dari data pelanggan,” katanya.

Meskipun persaingan operator telekomunikasi di Indonesia lebih didominasi operator GSM, Smartfren optimis mampu bersaing karena kualitas data dan suara operator CDMA lebih dari operator GSM.

“Kami (operator CDMA) memisahkan antara kanal untuk data dan suara sehingga panggilan lebih jernih dan akses data lebih cepat. Smartfren adalah satu-satunya operator CDMA di Indonesia yang memiliki sembilan kanal,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s