Berbelanja Di Toko Online Lebih Nyaman dan Mudah

Kosmetik dekoratif dan perawatan tubuh selalu ada dalam daftar kebutuhan rutin bulanan perempuan. Kebutuhan wajib ini selalu dibeli rutin setiap bulan di berbagai jenis pertokoan. Kini, pengguna kosmetik tak harus antri di toko konvensional, atau berpindah dari satu toko ke toko lain untuk mencari kebutuhan perawatan tubuh. Pasalnya, portal belanja online khusus kosmetika memberikan solusi belanja yang praktis dan memudahkan.

Mustika Ratu dengan berbagai produk kecantikannya melirik model belanja kosmetika online ini. Presiden Direktur PT Mustika Ratu, Puteri Kuswisnuwardhani, mengatakan bahwa belanja kosmetik online memberikan solusi dari kesulitan konsumen dalam mencari dan membeli produk yang dibutuhkan. Perusahaan jamu dan kosmetika ini menggandeng penyedia jasa e-commerce PT Izumiya International dalam mengoperasionalkan toko online.

“Ketersediaan produk di toko konvensional pada waktu tertentu bisa terbatas, sehingga apa yang dibutuhkan konsumen tidak didapatkan di toko. Dengan belanja online, konsumen bisa membeli produk apa saja, kapan saja, dan di mana saja,” jelas Putri, usai peluncuran KosmetikCantik.com di Taman Sari Royal Heritage Spa, Jakarta, Kamis (31/3/2011) lalu.
Belanja online, menurut Putri, tak hanya memudahkan pengguna namun juga perusahaan dalam menjual produk yang tepat sasaran.

“Produk Puteri dari Mustika Ratu menyasar anak remaja. Kini remaja akrab dengan internet dan jejaring sosial. Jadi toko online ini akan lebih mudah masuk dalam dunia mereka,” lanjutnya.

Meski begitu, sejak tiga bulan beroperasi toko online ini lebih banyak menggaet kaum ibu dalam berbelanja. Jumlah pengunjung toko ini rata-rata mencapai 500-700 visitor per bulannya. Survei Nielsen Global menunjukkan bahwa penggunaan layanan belanja online di Indonesia meningkat tiga tahun terakhir. Sekitar 51 persen populasi pengguna internet mengaku pernah belanja online. Data ini semakin menguatkan Puteri untuk fokus mengembangkan toko online secara terpisah di bawah manajemen profesional.

“Pemisahan toko online dari website Mustika Ratu lebih karena ingin fokus dalam pengembangan belanja kosmetik online yang butuh penanganan khusus,” jelasnya.

Ditambah lagi, kini masyarakat semakin percaya dengan konsep belanja online. “Umumnya konsumen tak bermasalah belanja online untuk kebutuhan rutin yang sifatnya pengulangan. Meski begitu konsep ini juga bisa menyasar mereka yang senang bereksperimen, mencoba kosmetik warna. Bagi sebagian orang yang merasa perlu mencoba sebelum membeli kosmetik warna, seperti eyeshadow atau lipstik, boleh jadi belanja online belum menjadi pilihan. Namun untuk produk yang memang sudah dikenalnya, ia akan terbantu dengan sistem online. Termasuk untuk belanja produk perawatan seperti body lotion atau jamu,” ungkap Puteri.

Toko kosmetik online lebih memudahkan karena selain bisa leluasa memilih produk dari gambar melalui akses internet, pengiriman langsung ke alamat pembeli juga meringankan. Mustika Ratu bekerjasama dengan penyedia layanan kurir, JNE, untuk menjangkau pembeli di seluruh Indonesia. Pengiriman di Jakarta membutuhkan waktu satu hari, dan bebas biaya antar dengan minimum belanja Rp 100.000 untuk Jabodetabek. Sedangkan pengiriman di luar daerah butuh waktu 2-5 hari kerja.
“Pembeli produk kosmetik melalui toko online ini 70 persennya berasal dari luar Jakarta. Kebanyakan di pulau Jawa, beberapa di Sumatera, bahkan Papua,” kata Dermawan Tedja, Chief Operating Officer Izumiya kepada Kompas Female.

Toko online Mustika Ratu juga dipersiapkan matang dengan menggandeng Finnet, perusahaan payment gateway untuk mengurus sistem pembayaran online. Maklum, faktor keamanan masih menjadi pertimbangan pembeli dalam belanja online, terutama bagi pengguna kartu kredit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s