Facebook Jadi Sarana Baru Bagi Wanita Untuk Menggaet Pasangan dan Selingkuh

Keistimewaan Facebook dalam memudahkan sosialiasi, menampilkan foto, hingga menyajikan berbagai informasi tentang diri membuat jejaring sosial ini dicintai oleh orang-orang yang ingin eksis dan suka tampil narsis. Berbagai kelebihan Facebook (FB) itu ternyata membawa konsekuensi pada cara orang menarik perhatian lawan jenisnya. Malahan, karena tidak perlu bertatap muka secara langsung, Facebook kini menjadi tempat yang nyaman untuk saling menarik perhatian lawan jenis.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh majalah pria Mens Health di Amerika, terungkap fakta-fakta mengejutkan seputar pengaruh jejaring sosial itu pada pola hubungan. Survei dilakukan terhadap 1.377 pria dan 1.540 wanita.

Sekitar 90 persen responden menjawab, mereka memakai Facebook untuk menggoda orang lain. Akibatnya, sebanyak 59 persen pengguna Facebook, mayoritas wanita, mengakui mereka merasa cemburu dengan interaksi pasangannya di Facebook, terutama interaksi dengan lawan jenis. Sedangkan pria hanya 17 persen yang cemburu.

Dalam survei itu juga terungkap beberapa modus terjadinya perselingkuhan, seperti diawali saling mengirim komentar pada foto atau status, kemudian berlanjut dengan mengobrol (chatting), membuat janji pertemuan, dan kemudian melakukan hubungan seks yang hampir sebesar 59 persen disaat pertemuan pertama. Mungkin karena ingin menggaet pasangan, sekitar 64 persen responden menjawab mereka tidak menyatakan dengan jujur status hubungan mereka. Kebanyakan menjawab masih lajang (single). Bahkan, sebanyak 27 persen tidak menyebutkan status hubungan mereka.

Sekitar 79 persen responden wanita mengakui foto yang mereka tunjukkan atau ungkapan pikiran di dinding (wall) laman FB mereka memicu pertengkaran dengan pasangannya. Oleh karena itu, 71 persen responden wanita menjawab mereka membuat batasan khusus sehingga pasangan mereka tidak bisa melihat berbagai aktivitas yang dilakukan (menulis status, komentar, atau mengunggah foto).

Bila pada awalnya Facebook ditujukan untuk mempertemukan penggunanya dengan teman-teman lama atau teman yang pernah dikenal secara fisik, kini Facebook lebih banyak dipakai untuk mencari kenalan dan pasangan selingkuh. Sekitar 83 persen responden menyatakan mereka mengirimkan permintaan pertemanan pada orang-orang yang mereka anggap menarik dan menggoda melalui foto mereka.

Upaya menarik minat lawan jenis juga dilakukan dengan pemasangan foto yang menarik. Sekitar 11 persen responden wanita mengaku mereka sengaja memasang foto yang provokatif untuk menarik perhatian pria.

Kemudahan akses informasi pada jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini juga membuat 95 persen responden sering tergoda untuk melihat laman Facebook milik mantan kekasih. Sebanyak 77 persen responden menjawab, setidaknya seminggu sekali mereka mengecek laman Facebook mantannya.

Sekitar 82 persen responden wanita secara blak-blakan mengakui mereka mencoba berhubungan kembali dengan mantannya melalui Facebook dan 66 persen dari mereka sebenarnya sudah berstatus sedang menjalin hubungan dengan orang lain.

Bagaimana dengan responden pria? Sebanyak 36 persen dari mereka juga mencoba kembali dengan mantannya, dan 20 persen pria ini sudah berpasangan dengan orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s