First Media Tingkatkan Kecepatan Akses Internet Menjadi 20 Mbps

First Media, perusahaan penyedia layanan internet broadband dan tv kabel, meningkatkan kecepatan akses hingga dua kali lipat pada layanan FastNet Express, FastNet Premium, dan FastNet Professional, dengan tarif layanannya tetap.

“Peningkatan akses dalam jumlah signifikan agar pelanggan dapat mengunggah (upload) dan mengunduh (download), streaming video dan musik tanpa buffering,” kata Sales Director First Media Dicky Moechtar, dalam siaran pers, Senin (29/8).

Dia menjelaskan, penambahan kecepatan akses dapat dinikmati mulai akhir Agustus, yaitu FastNet Express dari 2 Mbps menjadi 3 Mbps, FastNet Premium dari 3 Mbps menjadi 6 Mbps, dan FastNet Professional dari 6 Mbps menjadi 12 Mbps. Adapun kecepatan FastNet Family 1 Mbps dan FastNet Ultimate 20 Mbps, tetap.

Peningkatan ini untuk memenuhi kebutuhan dunia bisnis akan akses broadband yang andal sehingga dapat mendukung produktivitas. Dengan begitu First Media juga sekaligus membantu pemerintah meningkatkan kecepatan akses internet Indonesia yang kini masih rendah dibandingkan dengan negara lain di dunia.

Berdasarkan data kecepatan internet dunia per Maret 2011, dari sekitar 200 lebih negara dan wilayah, Indonesia berada di posisi 146 dalam kategori kecepatan akses, khususnya download. Kecepatan akses internet di Indonesia rata-rata hanya 1,34 Mbps, jauh di bawah Korea Selatan (33 Mbps), Singapura (17,62 Mbps), dan Jepang (16,33 Mbps).

Sesungguhnya, menurut Dicky, kebutuhan akses internet di Indonesia sangat besar, tercermin dari jumlah pengguna social media, seperti facebook dan twitter, yang tergolong terbanyak di dunia. Indonesia merupakan pengguna facebook terbesar kedua di dunia dengan jumlah 35,5 juta per Maret 2011, dan pengguna twitter keempat terbesar dengan jumlah lebih dari 4,8 juta pengguna, selain juga blogger nomor dua terbesar yang mencapai 3,2 juta.

“Untuk mengimbangi pesatnya penggunaan internet di kalangan masyarakat, First Media terus meningkatkan layanan sehingga Indonesia sejajar dengan negara-negara lain di dunia, dalam hal kecepatan akses internet,” kata Dicky.

First Media juga menyediakan paket Fastnet Ultimate, layanan internet berkecepatan sangat tinggi hingga 20 Mbps akses berkualitas tanpa batas yang dapat digunakan secara cepat dan maksimal untuk streaming video bersolusi tinggi, games online, dan menikmati foto, musik maupun film.

First Media merupakan perusahaan media pertama di Indonesia yang menawarkan akses kecepatan 20 Mbps unlimited kepada konsumen, hal ini diyakini akan membawa perubahan penting dalam mengakses jejaring internet secara multimedia dan lebih komprehensif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s