Menyambut Lengsernya Steve Jobs Samsung Luncurkan Galaxy Murah Untuk Matikan iPhone

Samsung segera meluncurkan empat model smartphone terbaru dengan harga yang lebih murah dibanding model Galaxy, yang selama ini menjadi andalan Vendor asal Korea ini.

Langkah ini ditempuh Samsung untuk terus menjaga dan memperbesar pangsa pasarnya di negara berkembang. Selain itu, ini merupakan sinyal kuat dari Samsung untuk berhadap-hadapan dengan Apple, pesaing terkuat Samsung selama ini.

Rencana Samsung ini datang hanya beberapa saat setelah adanya rumor bahwa Apple juga sedang mempersiapkan iPhone 4 yang lebih murah bulan depan dan rencananya merilis iPhone 5.

Seperti ditulis Reuters, Rabu 24 Agustus 2011, Samsung memperkiraan model smartphone murah tersebut akan dibanderol dibawah US$ 200 atau sekitar Rp 1.8 juta. Raksasa elektronik Korea tersebut percaya smartphone murah akan menguasai 50 persen dari seluruh pangsa pasar smartphone pada tahun 2015. Tahun lalu pangsa pasar smartphone murah baru mencapai 16 persen.

“Samsung akan memperluas pangsa pasarnya di negara energing markets dengan merilis smartphone dengan harga sekitar US$ 200, karena pasar tersebut tingkat penetrasinya masih rendah,” kata juru bicara Samsung.

Rencananya smartphone murah Samsung tersebut akan resmi diluncurkan pada pameran elektronik tahunan di Jerman pada awal bulan depan.

Empat smartphone yang dirilis Samsung tersebut adalah Galaxy W, Galaxy M Pro, Galaxy Y Pro dan Galaxy Y. Galaxy W akan memiliki layar 3,7 inci dan kamera 5 megapiksel. Kemudian Galaxy M Pro yang sedikit lebih tinggi kelasnya dan Galaxy Y Pro akan menjadi smartphone QWERTY Samsung Galaxy yang pertama.

Sedangkan Galaxy Y, adalah produk entry-level yang menyasar konsumen menengah. Galaxy Y akan dilengkapi kamera 2-megapiksel dan kecepatan prosesor 832 megahertz.

Samsung dengan produk high-end Samsung Galaxy S dan Galaxy S II S yang diluncurkan pada April tahun ini telah terjual lebih dari lima juta unit. Presiden Direktur (CEO) Apple Inc, Steven P. Jobs mengundurkan diri dari jabatannya. Jobs akan digantikan Tim Cook yang saat ini menjabat Direktur Operasi atau chief operating officer.

Dalam suratnya tertanggal Rabu 24 Agustus 2011 kepada Dewan Direktur Apple, Jobs mengatakan hanya mundur dari jabatannya tapi tidak sebagai anggota Dewan Direktur dan karyawan Apple.

“Saya selalu mengatakan bila saya tidak bisa lagi menjalankan tugas maka saya akan memberitahu kapan waktunya,” kata Jobs seperti dikutip dari New York Times, Kamis 25 Agustus 2011. “Dan hari itu kini telah tiba.”

Steve Jobs lahir di San Fransisco pada 24 Februari 1955. Pada akhir 1970-an dia mendirikan Apple bersama Steve Wozniak dan Mike Markkula.S

Selama tujuh tahun terakhir pria 56 tahun ini bertarung melawan kanker pankreas. Pada 2009 dia melakukan transplantasi hati dan sempat dirawat di Swiss. Pada awal tahun ini dia pun cuti karena sakit dari Apple.

Meski lagi cuti sakit, Jobs muncul dalam peluncuran produk Apple. Salah satunya ketika dia mengenalkan tentang iCloud di San Fransisco pada Juni lalu.

“Saya tidak terlalu yakin Apple akan terus bersinar dan berinovasi karena itu saya akan melihatnya dan mencoba menyumbangkan sesuatu dalam peran baru saya,” kata Jobs dalam surat pengunduran dirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s