Social Commerce Berbagi Pengalaman Berbelanja Di Toko Online secara Sosial

Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet terbesar. Potensi yang dimilikinya untuk mengembangkan perekonomian melalui teknologi digital bisa dibilang dahsyat. Salah satu peluang digital untuk itu adalah transaksi jual-beli melalui toko online.

Dunia maya mempertemukan penjual dan pembeli dari seluruh pelosok Indonesia. Bayangkan Jakarta yang padat, macet, panas, dan berpolusi, dengan pusat-pusat perbelanjaan yang penuh sesak. Haruskah seseorang selalu menghadapi segala ketidaknyamanan itu tiap kali hendak berbelanja?

Atau bayangkan mereka yang tinggal di daerah. Masyarakat di kota-kota kecil atau pedesaan terkadang kesulitan mendapatkan barang tertentu. Sering kali barang tersebut hanya tersedia di kota-kota besar, yang harus dijangkau dengan waktu dan biaya yang tidak sedikit, sehingga berbelanja itu saja menjadi kemewahan tersendiri.

Situs belanja online adalah jawaban untuk kemudahan jual-beli. Bagi pembeli, yang perlu dilakukan hanya pilih, klik, lalu transfer uang melalui jasa online banking. Dalam tempo tak terlalu lama, barang akan dikirim ke alamat tujuan.

Kini, dengan semakin berkembangnya kecanggihan dan keamanan bertransaksi, membuat semakin banyak orang yakin untuk melakukan jual beli online. Aktivitas e-commerce di Indonesia tumbuh sedemikian pesat dibandingkan dengan dua tahun lalu. Laporan ComScore pada Maret 2011 menyatakan bahwa Indonesia mencatat persentase kenaikan terbesar untuk kunjungan ke situs perbankan online di Asia Tenggara, tumbuh 72 persen, sejumlah 749.000 unique visitor.

Salah satu faktor lain yang cukup penting adalah kemudahan. Jika situs online shopping tidak bisa memberikan fitur yang memudahkan pengguna, orang akan malas untuk bertransaksi. Salah satu penjual situs online shopping yang memiliki fitur cukup lengkap, dan menawarkan berbagai kemudahan. Situs ini menawarkan kemudahan personalisasi dan sharing pengalaman belanja lewat fitur seperti: profil belanja pribadi, wishlist, poin dan bonus belanja khusus, juga kebebasan sharing produk favorit lewat berbagai situs social media.

Inilah yang disebut sebagai social commerce, yaitu ketika yang kita lakukan bukan hanya sekadar berbelanja dan bertransaksi online, tetapi pengalaman belanja tersebut dijadikan sosial. Kita berbagi dengan orang lain mengenai apa yang kita beli dan bagaimana pengalaman kita membeli produk tersebut. Sebagai makhluk sosial, kita akan lebih tertarik untuk membeli suatu barang jika mendapat rekomendasi dari teman atau orang terdekat yang kita percayai.

Selain faktor penjual yang terpercaya, produk yang dijual juga ditampilkan dengan deskripsi terperinci, mulai dari overview, spesifikasi, hingga review dari pengguna lain. Hal ini akan membantu pembeli untuk mendapatkan produk-produk yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s