Hasil Wawancara Dengan Orang Nomor 1 Di Google

Eric Schmidt, Chief Executive Officer (CEO) Google periode 2001-2011 ini adalah seseorang dengan kepribadian terbuka. “Bagaimana dengan baju batik ini?” ia bertanya ramah ketika menerima Tempo.

Ia tersenyum lebar ketika dikatakan setelan batik krem lengan panjang itu cocok dipadu dengan celana panjang cokelat gelap dan sepatu warna senada yang dikenakannya.

Eric, yang kekayaannya ditaksir mencapai Rp 7 triliun, juga berpembawaan ceria. Setelah tak lagi menjabat CEO, ia mendapat tugas sebagai executive chairman untuk urusan eksternal.

Jumat dua pekan lalu, pria 56 tahun itu menerima Dwi Arjanto dan Eka Utami Aprilia dari Tempo di sela acara “Regional Entrepreneurship Summit” di Nusa Dua, Bali. Wawancara berlangsung di ruang Klungkung, Hotel Grand Hyatt, selama hampir satu jam.

Bagaimana perkembangan Google di Indonesia?
Indonesia adalah negara dengan penetrasi telepon seluler yang besar. Namun penetrasi Internet hanya 15-20 persen. Kami yakin perkembangan penggunaan Internet akan sangat cepat dalam beberapa tahun ke depan. Ini bisa menjadi kesempatan bisnis yang besar untuk Google.

Kapan Google akan membuka kantor di Indonesia?
Kami ingin membuka cabang di sini. Tapi ada beberapa detail dan hukum yang harus kami pastikan. Dari pelajaran di Cina, kami harus berhati-hati. Misalnya ada gesekan dengan perusahaan asing di Indonesia, itu bisa menjadi masalah.

Penggunaan produk Google di Android masih bebas biaya. Bagaimana mendapatkan keuntungan?
Kami mendapatkan uang dari Android. Sebab setiap Android melakukan search, kami mendapatkan iklan. Jadi, kami bisa menghasilkan banyak uang.

Strategi Google selanjutnya untuk Android khususnya untuk pasar berkembang?
Generasi berikutnya adalah Android dengan harga yang lebih terjangkau akan keluar tahun ini. Kami menjual lebih dari 50 ribu aktivasi sekarang. Beberapa ratus juta per tahun.

Tapi di Indonesia orang lebih banyak menggunakan BlackBerry. Bagaimana dengan hal itu?
Saya pikir Android akan datang dengan harga lebih rendah, lebih banyak fitur. Secara umum lebih baik daripada BlackBerry.

Bagaimana menciptakan budaya kerja untuk memunculkan inovasi?
Banyak perusahaan yang bekerja dengan sistem dari atas ke bawah. CEO mengatakan apa yang harus karyawan lakukan. Itu tidak baik. Akan lebih baik jika karyawan memberi tahu apa yang akan mereka lakukan, lalu kami bicara tentang ide.

Apa yang terbaik dari bekerja dengan Google?
Kami punya banyak lelucon. Soal makanan gratis, pijat, dan permainan gratis. Menyenangkan. Tapi sebenarnya orang di sekitar Anda sangat cerdas. Anda ingin bekerja sama dengan orang yang cerdas, bukan orang bodoh. Tugas saya adalah membuat semuanya terjadi.

Tentang Internet, apakah Anda berpikir itu positif atau negatif?
Secara keseluruhan, Internet sangat positif. Itu sumber utama untuk informasi dan hiburan. Isu Internet adalah privasi, keamanan, dan perbedaan budaya.

Kami percaya Internet baik bagi orang di negara ini. Jika saya tinggal di negara kepulauan dengan 17 ribu pulau seperti Indonesia, lalu ada Internet, itu akan mengubah dunia saya.

Melalui pulau saya, saya akan mendapat semua informasi yang ada. Setiap bahasa, situs, gambar, dan video. Lebih banyak yang bisa didapat daripada sekadar televisi. Anda bisa melihat setiap bahasa serta budaya.

Apa strategi Google pada bisnis Internet?
Sejauh ini terlihat cukup baik. Ada bisnis iklan dan kami punya semua platform untuk Android serta Chrome. Kami telah menanamkan investasi yang besar untuk itu.

Anda bukan CEO lagi. Apa Anda digeser karena dianggap tidak mampu lagi?
Tentu tidak. Larry Page (pendiri Google) dan saya bekerja sebagai tim. Saya melakukan hal-hal yang berkaitan dengan eksternal, seperti hubungan dengan pemerintah, media. Adapun Larry di kantor menjalankan bisnisnya.

Kedua pekerjaan itu dibutuhkan. Yang saya lakukan adalah menghabiskan banyak waktu untuk perjalanan panjang di pesawat, lalu kembali ke perusahaan di California. Itu tidak bisa dilakukan keduanya.

Kapan Anda berencana pensiun?
Itu satu-satunya pertanyaan yang tidak saya suka. Saya tidak punya rencana pensiun. Mengapa saya harus pensiun? Saya suka pekerjaan ini. Apa ada sesuatu yang salah?

Ketika Anda berinvestasi di Indonesia, apa yang bisa diberikan?
Hal paling penting yang bisa kami berikan kepada Indonesia adalah informasi. Informasi sangat kuat dan Google bebas biaya. Kami akan mempertahankan tetap bebas biaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s