Game Online Dengan Tema Kerajaan Nusantara Kini Diluncurkan

Para penggila game tanah air kini bisa menikmati game dengan cita rasa Indonesia. Game Nusantara Online merupakan sebuah permainan yang bertemakan kerajaan-kerajaan besar yang pernah berkuasa.

Permainan yang dibangun creative lab PT Tele Nusantara Visi (Telegraph) menyajikan tiga cerita kerajaan, yakni Sriwijaya, Majapahit, dan Padjajaran. “Kami bukan mengajak pengguna untuk kembali ke masa lalu, tapi mari kita belajar dari sejarah,” kata President Director Telegraph, Heru Nugroho di Jakarta, hari ini.

Selama dua bulan, masyarakat dapat menikmati uji coba game tersebut dalam versi beta dengan mengakses http://www.nusol.web.id.

Executive General Manager Divisi Multimedia Telkom, Joddy Hernady mengatakan jumlah pengguna game online Indonesia sebanyak 2 juta orang, nomor dua setelah Amerika Serikat.

Permainan tersebut, jelas dia, terbuka bagi siapa saja, khususnya para siswa yang ingin belajar sejarah dan kebudayaan. Untuk menyiarkan game online ini, Telkom akan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah di Jakarta dan Bandung, serta mendistribusikan installer game ke warung internet yang tergabung dalam Asosiasi Warnet Indonesia (Awari).

Game Nusantara Online adalah permainan berbasis peran sehingga pengguna bebas menentukan karakter untuk mengikuti alur cerita. Singkatnya, tidak ada satu cerita baku karena pemain dapat mengatur jalannya permainan sesuai kehendak.

Dengan menampilkan animasi tiga dimensi, gammer dapat mengetahui teori kemasyarakatan, arkeologi, sejarah, dan perilaku sosial yang berlaku di masa silam. Telegraph juga membuat bentuk bangunan, peta dan artefak sesuai dengan kondisi otentik pada zamannya.

Untuk diketahui, sebenarnya game ini pernah diuji coba dua kali pada tahun 2009 dan 2010. Namun ketika itu ditemukan banyak bug atau kelemahan pada sistem game sehingga pengembang harus memperbaikinya. “Kami juga kewalahan dengan jumlah pengguna game yang semakin banyak,” kata Heru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s