Smart TV Mampu Menghadirkan Pengalaman Berinternet Didalam TV

Konsep smart TV yang menggabungkan pengalaman internet dengan menonton televisi kini tengah menjadi tren. Semua produsen pun berlomba-lomba mengeluarkan produk andalannya untuk menghadirkan pengalaman internet yang lebih cocok ke ruang keluarga di rumah.

Namun, sekadar agar internet dapat diakses lewat televisi tidaklah cukup. Hal itu sama artinya hanya menjadikan layar televisi sebagai penyambung layar monitor saja. Pengalaman internet di televisi pun mesti terintegrasi untuk menciptakan efek wow alias kejuatan bagi konsumen.

Apa saja efek “wow” yang bisa ditemukan di Samsung Smart TV D8000 yang baru saja dirilis di Indonesia?

Satu hal yang membuat beda adalah ukuran layar TV yang ditawarkan mulai 46 inci hingga 65 inci dengan LED sehingga sangat jernih. Buat pengguna komputer mainstream, rasanya tak ada yang menggunakan layar monitor sebesar itu. Layar yang besar membuat pengalaman mengakses internet bisa senyaman menonton TV.

Dari sisi tampilan, Samsung Smart TV pun dirancang stylish untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup. Dengan layar yang lebar, ketebalannya hanya 5 mm dan layarnya nyaris penuh tanpa bingkai yang terlalu lebar sehingga terasa mewah.

Kejutan berikutnya adalah menu yang terintegrasi untuk mengakses sejumlah layanan berbasis web. Samsung telah mendesain user interface khusus yang diberi nama Smart Hub. Bagian ini berfungsi menjadi pusat akses ke semua layanan internet yang didukung.

Lewat menu ini, pemilik TV bisa melakukan pencarian konten secara realtime. Baik konten yang ada di PC yang terhubung ke layar TV, konten di gerai online Samsung App Store, maupun konten di web.

Smart Hub juga menyediakan fitur AllShare yang memungknkan pengguna untuk menampilkan di layar perangkat mobile yang dibawanya langsung ke layar TV. Misalnya menampilakn video yang tengah dimainkan di Samsung Galaxy Tab, smartphone, atau perangkat lain yang terhunung secara nirkabel lewat DLNA.

Di bagian ini, pengguna juga dapat mengakses ratusan aplikasi Samsung Apps. Cara kerjanya mirip smartphone. Tinggal unduh aplikasi yang diinginkan dari Samsung App Store dan install di TV. Akan muncul ikon setiap aplikasi agar bisa dimainkan sewaktu-waktu.

Tak ketinggalan adalah fitur Your Video yang akan menampilkan rekomendasi video sesuai preferensi atau kategori yang menjadi favorit pengguna. Dan tentu saja browser web untuk melakukan akses langsung ke situs web.

Kualitas gambarnya tak diragukan lagi dan mendukung format video HD 1080p. Bahkan, bagi pcinta 3D bisa mengaktifkan fitur untuk menjalankannya sehingga bisa menyajikan konten lebih nyata.

Samsung Smart TV sudah dilengkapi akses WiFi sehingga bisa terhubung ke internet secara nirkabel. Fiturnya juga sudah dilengkapi aplikasi untuk mendukung pengguna melakukan video chat lewat Skype. Aplikasi Skype dirancang khusus untuk Samsung Smart TV sehingga dapat difungsikan layaknya solusi videoconference. Wajah penelepon dan lawan bicara bisa ditampilkan berdua di layar atau salah satunya dan suaranya bisa diatur besar kecilnya.

Untuk layanan jejaraing sosial Facebook, Samsung juga sudah membuat aplikasi khusus disesuaikan dengan dimensi layar. Pengguan tak perlu repot melihat tampilan Facebook dengan huruf terlalu kecil dari kejauhan. Aplikasi ini sudah didesain pas ukuran layar lebar sehingga tulisan pun tetap jelas terlihat, belum lagi foto dan video.

Namun, hal yang tak kalah mengejutkan lainnya adalah keyboard-nya. Tentu tak mungkin mengakses semua layanan internet tersebut tanpa keyboard. Selain menyediakan remote control khusus, Samsung juga menyediakan aplikasi Remote App. Aplikasi remote ini bisa di-install di tablet atau smartphone sehingga sambil memainkan perangkat tersebut, pengguna bisa mengatur televisinya. Remote App tersedia untuk iPhone, iPad, serta smartphone Android maupun tablet.

Untuk memberikan pengalaman baru memang bukan hal yang sulit. Namun, memberikan pengalaman mengejutkan yang tidak biasa butuh inovasi yang berbeda. Apa yang dilakukan Samsung sedikit banyak mencoba menciptakan efek wow tersebut. Jadi, bersiapalah terkejut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s