Bedah Kupas Tuntas Firefox 4 Dan Segala Kelebihannya

Mozilla, kreator Firefox, meluncurkan versi terbaru browsernya baru-baru ini dan mengklaim sudah lebih 12 juta kali diunduh pada hari kedua setelah dikenalkan.

“Penampilan baru, kecepatan super, dan bahkan kedahsyatan lebih,” kata Mozilla di Web site-nya yang menyediakan download gratis browser open source Firefox versi terbaru, Firefox 4.

The new Firefox juga mempromosikan kapabilitas interaktif dengan HTML5, sebuah bahasa pemrograman Web yang memungkinkan interaksi penuh tanpa membutuhkan plug-ins eksternal seperti Adobe Flash dan Microsoft Silverlight.

Chief executive Mozilla, Gary Kovacs, dalam wawancara dengan New York Time mengatakan bahwa penambahan kapabilitas baru ke browser akan memungkinkan pengembang (developers) membuat aplikasi menggunakan HTML5 yang mirip dengan aplikasi downloadable yang sekarang banyak digunakan di sejumlah perangkat mobile.

Lalu, apa yang baru dalam Firefox 4?

Pandangan pertama yang akan anda dapati dalam browser Firefox 4 adalah ruang halaman Web yang lebih luas dibanding versi sebelumnya, karena Mozilla telah memampatkan tombol menu (menu button) di pojok kiri atas.

Diatur dengan sistem drop down, menu ditampilkan dengan hanya satu button, membuat akses lebih mudah.

Masih di bagian kiri atas browser, di bawah tombol menu terdapat aplikasi Tab yang akan memunculkan ikon halaman Web default, atau halaman web site yang akan langsung muncul ketika anda membuka Firefox.

Sejajar dengan tombol aplikasi Tab, dari kiri ke kanan akan berjajar tab-tab dari halaman-halaman Web yang anda buka. Desain tab dalam Firefox 4 pada dasarnya sama dengan tab-tab pada versi sebelumnya.

Di bawah tab, terdapat address bar dengan di sebelah kirinya terdapat tombol “back” dan “forward”. Berbeda dengan versi sebelumnya, default tombol “home” pada Firefox 4 berada pada sebelah kanan address bar atau di sebelah bar search engine.

Dengan versi ini, menyimpan alamat dan halaman Web ke dalam bookmark menjadi lebih mudah karena anda cukup menekan tombol Bookmark yang ditempatkan di paling kanan sejajar address bar.

Kemudahan lainnya, anda bisa mengelola Add-ons melalui Add-ons Manager di halaman Web dan anda tidak perlu meninggalkan atau menutup Firefox untuk meng-install add-ons.

Password Manager yang memungkinkan anda mengatur apakah password anda akan diingat (disimpan) browser atau tidak, dalam Firefox 4 tidak ditampilkan melalui pop-up seperti pada versi sebelumnya, namun akan muncul di samping tab halaman Web yang anda buka.

Toolbar Firefox 4 juga bisa anda customize dengan mudah untuk menghasilkan antarmuka yang anda inginkan, termasuk menambahkan atau menghilangkan tombol tertentu sesuai kemauan anda.

Anda juga bisa mengubah tampilan Firefox dengan satu klik melalui fitur “Personas”, termasuk mengubah theme (tema).

Soal keamanan, Mozilla menjanjikan lebih baik. “Kami telah mengemas Firefox dengan fitur keamanan yang sangat canggih untuk membuat anda aman saat anda browsing. Dan, sebagai organisasi nirlaba, melindungi privasi anda dengan menjaga anda dalam kendali atas informasi pribadi anda adalah bagian kunci dari misi kami,” katanya.

Mengenai kecepatan, Mozilla mengatakan telah mengoptimalkan performa Firefox untuk mendukung browsing pengguna, dengan waktu start-up lebih cepat, rendering grafis dan page load juga cepat.

Mau mengeksplorasi dan membuktikan kata Mozilla, silahkan coba Firefox 4!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s