Terbukti Performa Android Mengalahkan Kecepatan iPhone Terbaru

Ponsel Android terbaru memproses halaman web 72 persen lebih cepat dari iPhone 4 yang menjalankan iOS 4.3, menurut ribuan uji lapangan independen yang dirilis Kamis oleh Blaze Software.

Pengujian dilakukan terhadap dua perangkat untuk 45 ribu tes. Untuk Android 2.3 pada ponsel cerdas Google Nexus S menggunakan versi Chrome, waktu buka rata-rata adalah 2,144 detik, dibandingkan dengan 4,254 detik untuk iPhone 4 yang menjalankan iOS 4.3 dari Safari, menurut penelitian ini.

Blaze menggunakan situs web Fortune 1.000 untuk tes, dengan menjalankan tes loading halaman web berulang kali melalui Wi-Fi dan koneksi nirkabel 3G dengan tidak ada hal lain yang berjalan di telepon pada saat itu.

Telepon Android lebih cepat dari iPhone dalam pemuatan 84 persen dari situs web yang diuji. “Android bukan hanya lebih cepat secara keseluruhan, melainkan memberikan pengalaman browsing yang lebih cepat dan nyaman empat kali dari lima percobaan,” kata studi tersebut.

Blaze berusaha untuk menggambarkan tesnya obyektif dengan menyatakan ia tidak memiliki hubungan dengan Google atau Apple “dalam bentuk apa pun,” kata David Horne, manajer program pemasaran Blaze untuk Ottawa, dalam sebuah e-mail.

Sementara Android unggul dalam perbandingan waktu proses, studi ini mencatat bahwa iPhone cendrung semakin lambat. Namun, studi itu juga mencatat bahwa “kecepatan browser dan keamanan adalah masalah besar” bagi iPhone dan menjadi titik menonjol ketika Google baru-baru ini mencatat perbaikan mesin JavaScript serta menjadikan chrome sebagai browser anti hacking.

“Kinerja Browser adalah semua masalahnya, dan semua orang mengatakan mereka lebih cepat,” tambah penelitian.

Penulis penelitian mengatakan mereka terkejut dengan hasilnya.

Kejutan itu muncul karena Android telah mengoptimalkan mesin JavaScript dalam versi terbaru mereka, sehingga jauh lebih cepat daripada versi sebelumnya yang juga diuji, kata Blaze.

One response to “Terbukti Performa Android Mengalahkan Kecepatan iPhone Terbaru

  1. wah, android emank keren. open source pula..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s