Yahoo Tarik Sahamnya di Jepang

Yahoo Inc berencana menarik 35 persen sahamnya di Yahoo Japan. Saham itu rencananya akan dialihkan ke Softbank Corp, yang saat ini menguasai 42 persen saham Yahoo di Jepang.

Seperti dikutip dari kantor berita Reuters, seorang sumber mengatakan, Yahoo akan menarik dananya sebesar US$ 8 miliar di Jepang. Uang itu akan digunakan untuk melawan dua perusahaan raksasa, yaitu Google dan Facebook. Yahoo juga akan memilah kemitraan di sejumlah negara lainnya di Asia.

Jika kesepakatan tersebut tercapai, Yahoo ada kemungkinan akan mengalihkan fokusnya ke Cina. Di Negeri Tirai Bambu, Yahoo tercatat memiliki 40 persen saham di perusahaan Internet terkemuka, Alibaba Group, perusahaan induk Alibaba.com. Namun Yahoo belum menjelaskan langkah selanjutnya di Cina.

Hubungan antara Yahoo, Softbank, dan Alibaba memburuk sepanjang beberapa tahun terakhir. Pendiri Alibaba, Jack Ma, menghasut untuk membeli kembali saham Yahoo di perusahaannya. Adapun pendiri dan pemegang saham mayoritas Softbank, Masayoshi Son, secara terbuka menyerang latar belakang Yahoo sebagai inovator dan melakukan pendekatan ke pasar internasional. Softbank juga memiliki saham di Alibaba. “Ada hubungan segitiga. Apa pun yang terjadi dengan Alibaba harus melibatkan ketiga pihak,” kata seorang sumber.

Selain menguasai Alibaba.com, Alibabba Group tercatat sebagai pemilik Taobao. Ini adalah perusahaan terbesar di Cina yang berfokus pada jasa layanan e-payment melalui e-commerce dan Alipay.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan melalui Bursa Efek Tokyo, Softbank menyatakan tidak ada pembicaraan dengan Yahoo. Mereka juga membantah rencana membeli saham di Jepang.

Yahoo tidak bersedia memberikan pernyataan. Namun, menurut sumber yang dekat dengan Yahoo, transaksi ini membuat hubungan di antara ketiga perusahaan semakin erat.

Rencana ini kabarnya muncul setelah salah satu pejabat Yahoo, Carol Bartz, ditekan oleh pemegang saham untuk menyediakan sejumlah dana. Yahoo harus bersaing keras untuk mendapatkan kue iklan dengan jejaring sosial Facebook dan perusahaan Internet lainnya.

Dalam sebuah konferensi dengan investor Goldman Sachs pada 16 Februari lalu, Direktur Keuangan Yahoo Tim Morse sudah mengakui rencana keluar dari Jepang. “Kami sedang melakukan pembicaraan,” katanya. “Kami melakukan efisiensi pengeluaran pajak dengan bekerja sama dengan sejumlah mitra. Sehingga ini menyenangkan semua pihak, termasuk pemegang saham dan pemangku kepentingan.”

Saham Yahoo di Alibaba diperkirakan US$ 4-10 miliar atau sekitar 80 persen dari seluruh saham Yahoo yang beredar di Asia. Sejak 2005, pangsa pasar Yahoo digerogoti Google hingga separuhnya. Diperkirakan nilainya sekitar US$ 21,5 miliar. Adapun nilai pasar Google meroket hingga tiga kali lipat menjadi US$ 200 miliar.

Berbeda dengan di Amerika Serikat, Yahoo Jepang mendominasi situs pencarian di Internet dengan menguasai 50 persen pangsa pasar. Hal ini berbeda dengan pesaingnya, Google, yang hanya menguasai 30 persen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s