Diam Diam Apple Ternyata Menjual Informasi dan Kebiasaan Pengguna iPhone dan iPad Pada Pihak Ketiga

Dua kelompok pengguna iPhone dan iPad mengajukan gugatan hukum ke Apple Inc terkait dengan sejumlah aplikasi yang memberikan informasi pribadi ke pengiklan pihak ketiga tanpa persetujuan dari user bersangkutan.

Dilansir Reuters, Kamis (30/12/2010), dalam gugatan class action yang diajukan ke pengadilan federal di California, para penggugat mencari cara melarang aplikasi memberikan informasi ke para pengguna tanpa persetujuan ataupun kompensasi berupa uang.

Selain Apple, nama-nama lain yang masuk ke daftar tergugat adalah sejumlah aplikasi antara lain Textplus4, Paper Toss, Weather Channel, Dictionary.com, Talking Tom Cat, dan Pumpkin Maker, dan diajukan pada 23 Desember.

Selain itu, kelompok ini juga akan mengajukan gugatan ke Google terkait platform Android. “Kami sedang mempertimbangkan melakukan gugatan ini,” ujar Majed Nachawati, dari firma hukum Fears & Nachawati, yang menjadi penasihat hukum para penggugat.

Munculnya kekhawatiran ini terutama terkait masalah kerahasiaan pengguna setelah sejumlah ponsel pintar menggunakan beragam aplikasi dan juga maraknya penggunaan situs jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s