Perang Tablet … iPad Akan Digusur Oleh Android

Menjelang dekade kedua abad ke-21, kemajuan teknologi komunikasi informasi akan ditandai kehadiran komputer tablet yang akan membawa kita pada perspektif baru cara kita menggunakan komputer, mengakses informasi, membagi informasi, menikmati hiburan, berkomunikasi, dan lain sebagainya.

Kehadiran iPad buatan Apple pada awal tahun 2010 mengisyaratkan dimulainya era komputasi berbeda yang selama beberapa dekade terakhir dikenal dengan sistem Wintel, menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft dan prosesor buatan Intel Corporation.

Menjelang akhir tahun, Samsung asal Korsel memperkenalkan komputer tablet yang disebut Galaxy Tab, dan memunculkan pertanyaan di kalangan konsumen, siapa yang akan mendominasi pasaran komputer tablet. Apakah iPad buatan Apple atau komputer tablet yang berbasis sistem operasi Android yang dikembangkan Google.

Persoalan yang muncul dalam komputer tablet adalah aplikasi yang ingin digunakan, karena konsumen jaminan yang mendukung penggunaannya.

Ketika menggunakan iPad, aplikasi yang didapat melalui Apple Store pasti dijamin oleh Apple, sedangkan aplikasi yang diambil dari Android Market belum tentu dijamin Samsung yang mengeluarkan Galaxy Tab.

Kuartal pertama 2011 akan bermunculan aneka jenis komputer tablet. Ukuran layar yang ditawarkan pun akan beragam, fitur yang lebih luas, termasuk penggunaan teleponi, aplikasi yang lebih kaya untuk bekerja dan hiburan, dan lainnya.

Produk iPad buatan Apple memang tidak memiliki fenomena dalam perkembangan teknologi komunikasi informasi. Hanya dalam 23 hari sudah terjual satu juta unit iPad dan diburu serta ditunggu kehadirannya di seluruh dunia.

Belum merata tersebar, iPad sudah diprediksi akan muncul dengan kamera digital, ukuran layar lebih kecil, serta kapasitas penyimpanan data lebih besar, kemampuan multifungsi yang lebih rumit, dan sebagainya.

Sebagai produk konsumen, iPad mungkin belum tertandingi karena sistem operasi yang digunakan lebih ringkas, memungkinkan penggunaan yang lebih mudah dan cepat. Microsoft sepertinya akan tertinggal dan mengakhiri era sistem Wintel yang kita kenal.

Apakah iPad dengan turunannya akan tetap menguasai pasaran komputer tablet, akan terlihat pada kuartal pertama tahun depan. Yang pasti, dalam waktu yang cepat, cara kita menggunakan komputer akan berubah drastis. Tidak ada papan ketik. Menggunakan layar sentuh untuk komputasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s