Twitter Paling Banyak Digunakan Oleh Pecinta Sepakbola

Sarana jejaring sosial twitter menjadi sarana efektif dewasa ini dalam komunikasi sehingga pencinta sepak bola pun memanfaatkannya untuk berhubungan dengan para idolanya.

Terkait dengan penyelenggaraan event Turnamen Piala Suzuki (AFF Suzuki Cup) 2010, perhatian masyarakat Indonesia pada pertandingan-pertandingan yang dimainkan tim Merah Putih sangat tinggi.

Dalam twitter yang aplikasinya dapat berdampingan dengan jejaring sosial lain, facebook, banyak dimanfaatkan komunitasnya memuji penampilan pemain-pemain Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia jeang pertandingan maupunsaat berjalan dan sesudahnya.

Termasuk pemain Manchester United Inggris, Rio Ferdinand, tak ketinggalan ikut mengomentari sepak terjang timnas sepakbola Indonesia.

“Indonesia menang 6-0, bagaimana saya bisa mengetahui soal ini? justru melalui twitter. Mereka berpesta…!!!” sebut Rio Ferdinand melalui akunnya @rioferdy5.

Kalangan pemain Timnas Indonesia sendiri tidak gagap teknologi (gaptek) dengan situs jejaring ini seperti yang dilakukan Irfan Bachdim, pemain debutan Timnas dan juga sejumlah pemain lainnya.

Menjelang pertandingan melawan Laos pada Sabtu lalu, Bachdim melepas statusnya dengan menyapa masyarakat Indonesia.

“Halo Indonesia, selamat pagi.! Kami akan berbuat yang terbaik dan bekerja keras dalam latihan untuk menghadapi Laos. Doakan kami semua agar meraih sukses,” sebut Irfan Bachdim yang kini menjadi idola para pencinta sepakbola di Tanah Air.

Aksi Irfan Bachdim dalam cara Timnas Indonesia bermain memang mimpi yang diidamkan. Irfan dinilai memiliki kehandalan ketika berhasil menyambut umpan, dia kemudian mampu menggiring bola dengan kecepatan lari (sprint) yang melebihi cepatnya lari lawan, kemudian gol.

“Seperti itulah seharusnya seorang pemain timnas bermain,” sebut seorang penggemar dalam tweet-nya.

Dampak lain dari pengaruh twitter, adalah munculnya pemilihan secara “otomatis dan demokratis” tentang siapa sosok yang menjadi bintang dan idola dalam sekejap.

Dalam akun “Trending Topic” sebanyak lima pemain Timnas Indonesia masuk dalam deretan enam atlet populis saat ini diantara 10 sosok populer dalam “trending topic world wide” (sosok populer seantero dunia).

Jika saat melawan Malaysia ada dua pemain yang masuk trending topic world wide yakni Irfan Bachdim dan Christian Gonzales, namun saat melawan Laos giliran Bachdim, Firman Utina, Oktovianus Maniani dan Arif Suyono yang masuk daftar berkat akses-akses golnya untuk Timnas Indonesia.

Dalam status facebook dan juga tweet begitu banyak yang memuji dan menyemangati penampilan pemain-pemain tim yang kini diarsiteki Alfred Riedl.

Striker nasional Bambang Pamungkas pun mengakui lebih senang memanfaatkan twitter untuk berkomunikasi dengan para penggemarnya karena memiliki ruang waktu yang cukup untuk melayani penggemarnya.

“Saya memang suka berkomunikasi dengan penggemar melalui twitter, sedangkan berkomunikasi dengan wartawan saya lebih suka melalui konferensi pers karena diluar kegiatan sepakbola saya memiliki aktivitas lain,” ujar Bambang Pamungkas dalam sebuah diskusi dengan wartawan baru-baru ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s