Perangkat 3G Kini Lebih Maju Daripada Jaringan 3G Itu Sendiri

Akses jaringan nirkabel pita lebar 3G awalnya memberikan solusi menarik untuk mengakses jejaring internet untuk berbagai keperluan. Berbagai perangkat koneksi 3G tersebar luas di pasaran, mengikuti tren pertumbuhan komputer netbook dan notebook yang semakin terjangkau.

Banyak perangkat koneksi jejaring 3G bersaing di pasaran dengan berbagai fitur koneksi yang menarik di tengah persaingan harga operator untuk koneksi data dan suara. Berbagai merek modem 3G bersaing di pasaran, dengan harga jual yang semakin bersaing dan menjadi terjangkau bagi kebanyakan pengguna jejaring internet.

Produk modem 3G di pasaran merek lokal yang memiliki kualitas koneksi dengan jaminan purnajual panjang selama 3 tahun adalah SpeedUp yang dijajakan oleh MLW Telecom bekerja sama dengan berbagai operator.

Ada tiga jenis koneksi 3G yang ditawarkan MLW Telecom, yakni SU- 9500U dan SU-8650U Google Chrome Edition (foto kanan atas), SU-8830MBR router koneksi pita lebar (foto kanan bawah), dan MW 100 My WiFi (foto kiri). SpeedUp versi Google Chrome Edition memberikan kemudahan pengguna untuk mengakses jejaring internet secara lebih cepat karena langsung diakses dari modem USB, memudahkan untuk mengakses berbagai aplikasi jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, dan lainnya.

Adapun perangkat SU-8830MBR dan MW 100 merupakan perangkat koneksi 3G yang dilengkapi dengan fasilitas nirkabel untuk digunakan di mana saja, termasuk di dalam mobil. Pada perangkat SU-8830MBR, selain berfungsi sebagai koneksi 3G dengan memasukkan modem USB juga berfungsi sebagai switching yang dihubungkan dengan menggunakan kabel ethernet.

Perangkat SU-8830MBR selain berfungsi sebagai koneksi mobile WAN (Wide Area Network), juga bisa berfungsi sebagai wired WAN, terhubung ke gerbang penyedia koneksi internet. Dengan demikian, pengguna perangkat ini tidak perlu khawatir kehilangan akses internet ketika sambungan Speedy putus atau melambat, karena bisa langsung terkoneksi ke jaringan 3G.

SpeedUp MW 100 adalah perangkat koneksi 3G bergerak disertai WiFi yang bisa digunakan di mana saja, dengan teknologi akses HSDPA kecepatan sampai 7,2 Mbps untuk download dan HSUPA kecepatan sampai 5,76 Mbps untuk upload, tergantung koneksi operator. Penggunaanya mudah dan daya tahan baterainya lebih baik dibandingkan dengan perangkat sejenis.

Pada saat perangkat sudah tersedia untuk mengakses jejaring digital kecepatan tinggi, persoalan tinggal pada operator yang masih harus bergelut dengan persoalan ketersediaan pita lebar dan mencari harga jual yang bersaing

One response to “Perangkat 3G Kini Lebih Maju Daripada Jaringan 3G Itu Sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s