Australia Kembangkan Rating Baru untuk Games Permainan Komputer

Pemerintah Australia, Minggu, menyatakan mendukung pengenalan peringkat (rating) baru untuk permainan komputer, suatu langkah yang dinilai dapat memperbanyak jumlah judul permainan komputer yang diijinkan di negara itu.

Menteri Kehakiman dan Dalam Negeri Australia Brendan O`Connor mengatakan bahwa ia mendukung pengenalan klasifikasi R18+ untuk permainan komputer dengan materi dewasa namun menegaskan jika judul-judul permainan komputer yang sebelumnya telah dilarang tidak akan kemudian diperbolehkan dengan rating baru.

“Saya tidak mempertimbangkan untuk memasukkan permainan komputer kategori RS (klasifikasi yang ditolak) ke dalam klasifikasi R18+,” kata O`Connor kepada wartawan di Melbourne.

Tapi dia mengatakan bahwa sistem rating baru bisa membantu mengatasi perbedaan pada peringkat tertinggi MA15+ – berarti mengandung bahan yang tidak cocok bagi mereka yang berusia di bawah 15 – dan menyelaraskannya dengan standar internasional.

O`Connor mengatakan prioritasnya adalah menghentikan anak-anak yang “pikirannya sangat mudah dipengaruhi” dari bermain permainan komputer dengan materi dewasa, termasuk seks dan kekerasan.

“Saya prihatin bahwa ada puluhan dan puluhan permainan komputer di negara ini yang saat ini dapat diakses oleh anak-anak berusia 15 tahun, yang tidak diakses anak di bawah umur di Amerika Serikat, Inggris dan Eropa,” katanya.

Kelompok Kampanye Internet, Elektronik Frontiers Australia, menyambut keputusan itu dan mengatakan bahwa materi dewasa banyak yang telah menembus ke dalam kategori MA15+ dari waktu ke waktu

sementara permainan dengan materi dewasa telah ditolak di sejumlah tempat lain di dunia.

“Ini kemenangan dari dua sudut pandang,” kata ketua kelompok Colin Yakub kepada AFP.

“Permainan yang dilarang dapat diperbolehkan jika mereka sesuai dengan kriteria klasifikasi R18+. Dan permainan yang berkategori MA15+ dan mungkin lebih bisa dipindahkan.”

Meskipun upaya untuk memperkenalkan sistem rating baru itu didukung pemerintah federal namun harus didukung oleh seluruh negara bagian sebelum diperkenalkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s